Leadershipstreet Indonesia

Leadershipstreet Indonesia


Ide Bisnis dari Garasi

Posted: 25 Nov 2014 10:21 AM PST


Indonesia Online Business - Ruang Bisnis dari Garasi | artikel bisnis online - Memiliki ruang garasi yang tak terpakai, tak ada salahnya Anda memanfaatkan ruang tersebut untuk kebutuhan lain. Bermula dari garasi Anda dapat merintis bisnis untuk tambahan penghasilan keluarga. Kuncinya adalah Anda mau memulainya tanpa gengsi, simak beberapa bisnis yang bisa dimulai dari garasi:


1. Online Shop

Bisnis online saat ini mulai menjamur, Anda tidak perlu membutuhkan ruang banyak untuk display usaha yang Anda jalankan. Namun garasi yang tak terpakai di rumah Anda bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan barang dagangan dan menjadi kantor selama Anda berbisnis. Anda tak perlu menyewa ruko dan membayar tagihan listrik tambahan bukan?


2. Jasa Pengiriman Barang

Bisnis yang sedang tren saat ini adalah jasa pengiriman barang dengan sistem franchise, yang juga memfasilitasi para pebisnis online shop untuk mengirim dagangan mereka ke konsumen. Jasa ini akan semakin menjamur karena bisnis online shop selama ini juga masih tetap menguntungkan.



3. Bisnis Makanan Ringan

Jika Anda hobi mencoba resep kue-kue kenapa tidak mencoba bisnis kue yang dimulai dari garasi. Bukalah gerai kue di garasi Anda, dengan gerai ini kue hasil buatan Anda akan mudah dikenal tetangga.



4. Laundry

Bisnis laundry ini juga cukup menjanjikan, dan banyak orang menjalankan usaha ini di komplek-komplek perumahan atau kos-kosan. Anda cukup mengeluarkan uang untuk membeli mesin cuci otomatis dan beberapa peralatan laundry. Tentu saja Anda harus menerapkan sistem pelayanan yang memuaskan dan terpercaya agar banyak kostumer yang datang ke usaha Anda.



5. Salon Motor

Garasi yang tak terpakai dan dalam konsep terbuka bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha salon motor. Salon motor ini memberikan fasilitas seperti bengkel atau tempat cuci motor atau mobil. Selain motor Anda, kendaraan orang lain juga akan bisa merasakan bagaimana menariknya garasi Anda.

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa Anda mulai dari sebuah garasi. Ide bisnis ini memberikan profit yang berlimpah jika Anda mau menjalaninya dengan sungguh-sungguh. Rental vcd, buku, gerai distro, kafe wifi ataupun salon kecantikan juga bisa Anda coba. 




sumber : diolah kembali

Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim

Posted: 25 Nov 2014 07:58 AM PST

 tips memulai usaha

INDONESIA ONLINE BUSINESS | Modal Usaha | Rekan, dalam membangun usaha seperti jual beli, jasa dan aktivitas perdagangan lainnya, tidak ada satupun yang dapat memastikan bahwa modal besar hasilnya besar, atau sebaliknya modal kecil hasilnya kecil. Selain kita memahami bahwa Ilmu ekonomi adalah suatu proses yang bertujuan untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Namun sekali lagi Permodalan selalu menjadi faktor penghambat seseorang ingin membuka sebuah usaha dan mengembangkannya. Padahal jika akan membuka usaha tidak harus dengan modal besar bahkan bisa juga tanpa modal. Hal ini juga tergantung pada prinsip manajemen yang diterapkan dan pemasaran yang bagus dan bisa diterima di masyarakat.



Jaman sekarang memulai usaha walau dengan modal besar tidak menjamin usaha tersebut akan sukses. Bayangkan saja jika Anda sudah membuka sebuah usaha besar dengan barang lengkap namun tidak dibarengi usaha tekun untuk memasarkan produk, membuat strategi usaha yang jitu juga tidak akan berkembang. Jika modal besar tersebut dari  modal pinjaman dijamin Anda akan rugi besar. Modal tidak balik, tidak ada keuntungan dan Anda masih menanggung utang sumber modal tersebut.

Jadi keseluruhan harus dimulai dari niat yang menghasilkan suatu strategi dari awal hingga akhir bagaimana proses itu berlangsung hingga menghasilkan profit.




Bila rekan menetapkan suatu tujuan, niat untuk membangun bisnis walau dengan modal yang minim ada baiknya mempelajari hal-hal ini :


1.  POLA PIKIR USAHA

Segera mengubah pola pikir bahwa harus ada modal besar jika akan memulai usaha. Jika pola pikir ini tidak segera Anda ubah, maka untuk memulai usaha pasti akan terasa ragu atau bimbang takut jika akan gagal. Seorang yang berjiwa entrepreneur akan selalu mengembangkan dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada dibarengi dengan potensi mengelola dan mengumpulkan modal. Anda dapat memulai strategi menambah jaringan bisnis, menambah relasi agar rekan bisnis mau berkerjasama mengembangkan usaha Anda.


2.  PROSES

Memulai usaha tidak harus dari yang mapan dan berskala besar. Seperti prinsip "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Tidak ada seorang pengusaha yang memulai usaha dengan kesuksesan besar, mereka pasti akan mengalami pasang surut berawal dari nol. Meskipun usaha yang didirikan berskala besar tidak mungkin langsung mendapat banyak konsumen sehingga Anda perlu meningkatkan strategi pemasaran agar bisa bertahan dan berkembang.


3.  STRATEGI

Menekan anggaran dari modal awal. Saat memulai usaha, Anda pasti mempertimbangkan anggaran sewa tempat yang konon memang terbilang cukup besar. Untuk mensiasati pengeluaran sewa tempat agar daapt ditekan, bisa membuat kerjasama dengan teman. Misalnya teman Anda memiliki lokasi strategis, bekerjasamalah dengan dia dengan sistem bagi hasil.


4. PENDUKUNG BISNIS DILAKSANAKAN

Bagian yang keempat ini adalah mencari kesempatan sumber permodalan, selain modal sendiri, dapat di katakan dana pihak ketiga atau uang orang lain. Saat ini banyak sekali bank-bank daerah yang mendukung usaha UMKM dengan memberikan pinjaman modal. Program UMKM bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha produksi Anda. Bisa juga mencari sumber modal dari koperasi simpan pinjam, BPR, pegadaian, dan perorangan yang mendukung usaha Anda.  Poin ke 4 ini juga sering disebut dengan daya ungkit atau leverage usaha rekan dapat bertumbuh lagi dengan lebih cepat, kemampuan negoisasi, kejujuran dan komitmen kepada pihak pendukung ini sangat penting.


Semoga Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim dapat membantu memberikan kreativitas yang lebih baik.





sumber : carapedia diolah kembali


Cara memulai Bisnis Online

Posted: 25 Nov 2014 04:52 AM PST



INDONESIA ONLINE BUSINESS | Bisnis Online tips | Jual Beli Mobil Motor, Penjualan Baju dan buku di Internet, penjualan tiket pesawat dengan online dan berbagai macam aktivitas pemasaran melalui media internet dapat di kategorikan bisnis online. Di era serba internet sekarang ini, peluang bisnis online sangat terbuka lebar dengan janji keuntungan yang cukup menggiurkan. 


Aneka toko online yang menjual berbagai macam barang dan jasa bisa kita temukan saat kita terkoneksi dengan internet. Setiap orang bisa memiliki usaha online. Di dunia bisnis online,  ada kabar yang sangat menarik,, seorang siswa SD kelas 6 telah berhasil memiliki toko online yang menjual garskin, sticker unik, dan lain-lain.   Sungguh menakjubkan memang. Ini membuktikan bahwa usaha online bisa dijalani oleh siapa saja. Ingin memiliki toko online? Ikuti saja beberapa tips dan cara memulai bisnis online dibawah ini dan kita bisa dengan mudah memulai usaha online milik kita sendiri. yang di lansir oleh situs carapedia baru-baru ini. 


BERIKUT CARA MEMULAI USAHA ONLINE:




1. MENENTUKAN JENIS BARANG / JASA YANG  DI JUAL


Langkah pertama dalam memulai usaha online adalah menentukan jenis barang / jasa yang akan kita jual. Jangan lupa untuk mempelajari tentang barang / jasa yang akan kita jual. Pelajari benefit dan juga kekurangan jenis barang / jasa yang akan kita pasarkan.



2.  LAKUKAN SURVEY PASAR

Dalam usaha online, survey usaha tidak perlu dilakukan dengan cara membagi - bagikan sample, namun cukup dengan cara mengamati trend kesukaan serta minat masyarakat atas barang / jasa yang akan kita jual. Bila perlu, amati permintaan pasar selama beberapa bulan sebelum kita launching usaha online kita



3. PASTIKAN KETERSEDIAAN SUPLAI BARANG / JASA

Ini sangat penting untuk diperhatikan. Bila kita memproduksi sendiri, kita harus bisa menghitung berapa kapasitas produksi kita dalam suatu waktu terntu. Bila ternyata kita memperoleh barang dari suplier, kita harus sudah mengetahui betul berapa kemampuan suplai suplier kita tersebut. Jangan sampai terjadi kekosongan stok dalam waktu yang lama



4.  BUAT KONSEP USAHA

Dengan membuat sebuah konsep usaha sebelum kita memulai usaha online, akan membuat langkah kita tidak banyak melenceng dari konsep awal. Kita harus sudah memiliki konsep tentang layout toko online kita, cara pemesanan, metode pembayaran dan lainnya.



4.  MULAI MEMBUAT TOKO ONLINE

Pada langkah ini, kita mulai memilih jenis toko online yang akan kita buat. Ada banyak developer yang berkualitas membangun toko online. Sebaiknya di pertimbangkan dan di bandingkan.

Diantaranya adalah web developer untuk toko online, web Jejualan salah satu yang dapat dilihat, alamat situsnya www.jejualan.com yang memberikan fasilita tersebu. Disarankan untuk mengunjungi situs tersebut dan berdiskusi dengan pihak operator / support web developer tersebut sesuai dengan selera toko online yang di inginkan masing-masing.   



5. AKTIF MELAKUKAN PROMOSI


Suatu konsekuensi keberhasilan adalah tergantung dengan faktor promosi salah satunya. Karena kita berkecimpung dalam usaha online, maka langkah promosi yang harus kita lakukan juga dilakukan di dunia maya. Lakukan promosi di situs jual beli terpercaya, rajin mengupdate isi web / blog,adalah langkah - langkah yang bisa kita lakukan dalam mempromosikan usaha online kita



Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi pada saat ini maupun dimasa yang akan datang.




sumber : carapedia di olah kembali


Mengintip Entreprenur Muda Putra Sulung Presiden RI ke 7

Posted: 25 Nov 2014 02:32 AM PST



Indonesia Online Business | Bisnis Katering| Jual Beli| Ide Bisnis - sobat leadership-street.com, Bisnis dan Pemasaran adalah sesuatu yang slalu menarik hati, termasuk Gibran atau lengkapnya Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Putra Sulung Presiden ke 7, membangun usaha sendiri, memulai dari dasar walaupun sang ayah dapat dikatakan semuanya tersedia, namun Gibran tidak berpangku tangan, untuk membangun usaha. Gibran dapat memberikan suatu inspirasi tentang bisnis anak-anak muda di Indonesia.


Memasuki dunia perpolitikan, memang cepat melambungkan nama seseorang. Seperti Bapak Joko Widodo yang bermula dari walikota Solo hingga sekarang menjabat Presiden Indonesia ke-7, sosoknya dan keluarganya tak kepas dari sorotan media. Salah satu yang menarik dari keluarga Jokowi adalah putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Dilansir dari Sooperboy.com, Gibran yang lahir pada 1 Oktober 1988 menghabiskan masa kecilnya di Solo. Hingga menginjak SMP ia tinggal di Singapura, pada tingkat SMA, Gibran menghabiskan masanya di Orchid Park Secondary School, Singapura tahun 2002. Kemudian pada tahun 2007, Gibran lulus dari Managemen Development Institute of Singapore (MDIS) dan lanjut ke University of Technoligy Insearch, Sydney, Australia.


Hal yang menarik dari sosok Gibran bukanlah latar belakang pendidikannya, namun sejak masa kuliah ia sudah menggeluti bisnis katering. Meskipun awalnya orang tua tidak menanggapi niatnya tersebut, karena orang tua ingin Gibran melanjutkan bisnis properti keluarganya. Gibran tetap berteguh hati meniti bisnis katering, melihat peluang bisnis ini sangat bagus dijalankan di kota Solo.


Gibran berhasil mendirikan usaha katering pada tahun 2010 dengan nama Chilli Pari Catering Service. Gibran memanfaatkan gudang mebel ayahnya untuk dapur katering dan kantor manajemen. Filosofi dari Chilli Pari sendiri adalah chilli atau cabai berwarna merah melambangkan keberanian dan Pari yang melambangkan kemakmuran. Maksudnya, Gibran ingin mewujudkan keberaniannya berbisnis tanpa menggantungkan diri pada orangtuanya yang memang sudah terkemuka di saat itu.

Gibran memberanikan diri meminjam uang di bank untuk modal. Katering ini memang awalnya belum dikenal banyak orang karena ia menolak menggunakan nama ayahnya yang sudah menjabat sebagai Walikota Solo. Chilli Pari awalnya hanya melayani pesanan kecil-kecilan, hingga sejak Januari 2011 ia berani menyediakan katering pernikahan untuk ribuan orang.

Inovasi dan terobosan menu baru pada kateringnya sebagian besar adalah campur tangan Gibran sendiri. Hal ini menjadikan Chilli Pari banyak dicari masyarakat, hingga usaha ini tebrilang sukses atas hasil kerja kerasnya sendiri. Chilli Pari saat ini selain bergerak di bidang catering juga menggeluti bidang wedding organizer professional yang melayani aneka kebutuhan pernikahan. Gibran juga tercatat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Gibran memberikan inspirasi untuk para pemuda Indonesia dalam merintis dunia entreprenurship di usia muda. Usia bukanlah jaminan seseorang sukses berkarier, buktinya dengan tekad dan kerja keras Gibran mampu membuktikan ia bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Kota Solo.

Semoga ini memberikan inspirasi bagi anak-anak muda untuk membangun bisnis dan menginvestasikan waktu untuk menjalani seni bisnis setiap waktu.




sumber : carapedia diolah kembali

Previous
Next Post »