Leadershipstreet In Indonesia

Leadershipstreet In Indonesia


Catatan Filsafat Seorang Ayah (Bagian 1)

Posted: 30 Jul 2013 09:40 AM PDT


Ketika berkali-kali aku didera derita
Kukatakan dalam hatiku untuk ribuan kalinya
Haruskah aku kabur ?
Bukankah sudah kulakukan sepanjang hidupku?


Aku tahu apa itu hitam  dan apa itu putih
Atau tentang beradab atau tidak - aku tahu.
Aku tahu bagaimana hasil kekayaan ataupun kemiskinan
Dan mungkin apa yang terkandung dibumi ini aku tahu
Hanya yang tidak kuketahui ; siapa aku ini?

Telah kubuang banyak waktuku hanya untuk mencari itu
Dan aku tidak tahu apa yang sedang kukendarai ini
Ketika aku mendefinisikan diriku begini ;
Aku seorang pengusaha yang kaya ? atau aku seseorang yang temperamental ?
Atau aku merasa ditakuti isteri dan anak-anakku atau orang lain?
Sehingga tidak kutemukan jawabannya
Sehingga aku sering berucap tidak asal-asalan
"Tidak penting siapa aku".

Aku lahir dalam komunitas yang menganut kebencian sebagai sesembahannya
Sehingga dalam pergaulan buruk itu aku, aku telah berubah sama pula
Yang telah merantaiku dengan bujukkan ; ayo bersenang hatilah.
Tetapi tetap tidak kutemukan jawabannya, apakah aku dapat bersenang-senang?

Aku mencoba mengartikan banyak hal ; tapi aku tidak puas olehnya
Sehingga aku menemukan pengertian ini
Tugasku hidup dibumi ini bukan mengartikan banyak hal
Tetapi menyampaikan banyak hal yang berguna bagi orang lain
menyampaikan banyak hal berarti memastikan banyak hal itu sampai.


MPR-RI dan Karya Tulis 2013, Salut!

Posted: 30 Jul 2013 02:06 AM PDT

MPR-RI Buka Lomba Karya Tulis tentang Berbangsa dan bernegara merupakan suatu langkah yang bagus dalam kemajuan bangsa dan rakyat Indonesia. Hal itu ditandai dengan pengumuman yang disampaikan melalui situs MPR-RI baru-baru ini, berakhir pada 16 Agustus 2013,  yang dapat dilihat DISINI,  dimana kemajemukan dalam NKRI harus diwadahi dengan tatacara berbangsa dan bernegara yang baik antara lain tentang ulasan 4 (empat) pilar, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan  Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang apabila itu dapat dilaksanakan secara bersamaan, pada saat itulah bangsa dan negara ini mencapai titik Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Adapun alangkah bijaksananya bangsa dan negara ini terus berusaha untuk maju termasuk tata cara yang baik dalam berbangsa dan bernegara, seperti dapat membedakan antara kebebasan berpendapat dan kebablasan pendapat dengan tahu tatacara berbangsa dan bernegara, dengan siapa berbicara, yang boleh dan yang pantas, bisa membedakan yang mana yang bermanfaat yang mana hanya spektakuler.



Momen dari MPRRI ini akan memberikan suatu wahana review berbangsa dan bernegara, sehingga bukan hanya menjadi beban pelaksana dan pengawas negara, namun juga setiap elemen masyarakat yang tinggal dan bernaung dalam NKRI termasuk mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Yakin, setiap orang darimanapun asalnya sama-sama ingin untuk memiliki kehidupan yang aman dan sejahtera.
Dari informasi yang dihimpun dari situs MPRRI Tema karya tulis yang dilombakan adalah Implementasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peserta dapat menentukan sub tema sendiri, tetapi tidak boleh lepas dari tema 4 (empat) pilar tersebut. Contoh sub tema dalam penulisan, antara lain sebagai berikut:
2.1.Katagori Masyarakat Umum Pancasila sebagai pendorong kemajuan bangsa; Urgensi GBHN dalam sistem ketatanegaraan; Implementasi otonomi daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Optimalisasi peran MPR dalam struktur ketatanegaraan Indonesia. 
2.2. Katagori Mahasiswa Pancasila dalam membangun persatuan dan kesatuan; Pancasila sebagai identitas dan nilai luhur bangsa; Memperkukuh kedaulatan negara melalui pembangunan berwawasan nusantara; Kebhinekaan sebagai alat pemersatu bangsa.

3. Jadwal Penyelenggaraan
3.1.  Naskah harus sudah diterima Panitia Lomba paling lambat tanggal 16 Agustus 2013 (cap pos).
3.2.  Pengumuman peserta yang masuk final pada bulan September 2013.
3.3.  Presentasi Finalis, Penetapan, dan Pengumuman Juara pada September/Oktober 2013. Peserta yang pernah menjadi juara pada tahun 2012 tidak dapat ikut sebagai peserta pada tahun 2013.
MPR-RI dan Karya Tulis 2013, Salut!  Sukses dan kesehatan senantiasa Yang Maha Kuasa limpahkan kepada semua anggotanya.
Salam Sukses,

Previous
Next Post »