Leadershipstreet Indonesia

Leadershipstreet Indonesia


Cara Unik Liburan anak yang membuatnya semakin cerdas

Posted: 03 Dec 2014 08:07 PM PST

 cara unik liburan anak

Cara Unik Liburan Anak | Di Indonesia pada khususnya, berlibur bersama anak tentu merupakan hal yang dinanti-nanti bagi semua orang tua. Tapi, apakah saat liburan orangn tua tetap memberikan pengarahan yang baik bagi anak sehingga anak tetap aktif, produktif, dan kreatif? Ini dia yang biasa dilupakan oleh para orang tua saat liburan tiba. 



Untuk itu, diperlukan beberapa kegiatan yang bisa tetap menunjang kecerdasan anak, namun juga menyenangkan bagi mereka. Berikut ini adalah beberapa kegiatan anak yang bisa dilakukan saat berlibur dengan tetap menunjang kecerdasannya:



Bermain Peran


Bermain peran atau sandiwara merupakan satu kegiatan unik yang menyenangkan bagi anak sehingga mereka bisa meniru karakter dan tokoh idola dalam kehidupan nyata maupun virtual. Berikan kesempatan kepada anak untuk memilih tokoh mana yang akan diperankan dan tanyakan kepadanya mengapa ingin memerankan tokoh tersebut.

Jika jawaban anak berorientasi terhadap sesuatu yang baik, dukunglah anak dengan karakter yang siap diperankannya. Jika jawaban anak berorientasi terhadap sesuatu yang negatif, arahkan anak untuk memandang sesuatu secara positif dan bisa menghindari sesuatu yang negatif.



Bermain Musik

Hampir seluruh anak di dunia sangat suka memainkan alat musik. Meskipun mereka tidak bisa memainkannya, namun alat musik tersebut bisa menjadi motivasi bagi anak untuk bisa benar-benar memainkannya. Berikanlah arahan yang tepat kepada anak sehingga Bunda dan Ayah juga tahu kemampuan dan minat musik anak.



Bermain Olahraga


Beberapa permainan olahraga seperti petak umpet, enggrang, dan permainan fisik lainnya tidak hanya membuat anak senang tapi juga melatih kecerdasan anak secara kognitif dan afektif. Anak akan dituntut untuk kreatif dan stabil secara emosional saat memainkan permainan olahraga tersebut. Hal ini bisa menunjang perkembangan fisik maupun psikisnya.



Bermain Kreatif



Kreativitas merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk itu, diperlukan media yang tepat bagi anak dalam mengembangkan kreativitasnya. Saat liburan, Bunda dan Ayah sebaiknya mempergunakan waktu bersama untuk bermain kreatif seperti membuat benda-benda dari barang-barang bekas atau membuat sesuatu yang ada dalam pikiran anak.

Hal kreatif dalam mengisi liburan anak bukan hanya mendekatkan anak dengan orang tua, namun juga memberikan ruang kepada orang tua untuk menstimulasi kecerdasan anak.


Selamat Mengisi waktu libur dengan hal yang kreatif.




sumber diolah kembali

Inilah sebab Islam mengajarkan supaya tidak meluapkan amarah

Posted: 03 Dec 2014 06:06 AM PST


islam mengajarkan supaya jangan meluapkan amarah

Leadership Indonesia | Foto Kemarahan | Foto Emosi yang sering kita lihat adalah bagaimana tidak terkendalinya hidup apabila amarah tidak dapat di kendalikan dan meluap, bagaimana kita dapat mengendalikan bisnis besar bila tidak sanggup mengendalikan diri sendiri, bagaimana kita dapat "asuransi" kan hidup yang cemerlang bila tidak dapat menjaga amarah menjadi meluap. Menurut Al-Ghazali, kita memang tidak mungkin menghindari kemarahan.  Kemarahan yang baik dipicu oleh hal-hal yang baik. Sedangkan kemarahan yang zalim dipicu arogansi, 'ujub, senda gurau, kesia-siaan, pelecehan, pencibiran, perdebatan, pertengkaran, penghianatan dan ambisi dunia.



 jilbab amarah

Bila sudah telanjur marah, orang yang mencari keridhaan Allah akan berusaha untuk meredam dan sedapat mungkin tidak meluapkan amarahnya. Allah ridha pada manusia yang tidak meluapkan amarahnya, bahkan sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa ilmu agar mendekatkan ke surga dan menjauhi neraka adalah dengan tidak meluapkan kemarahan.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda

Orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat tetapi orang kuat adalah yang mampu menahan nafsu amarahnya.(HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "Siapa yang dikatakan paling kuat diantara kalian ?" Sahabat menjawab "yaitu diantara kami yang paling kuat gulatnya". Beliau bersabda : "Bukan begitu, tetapi dia adalah yang paling kuat mengendalikan nafsunya ketika marah." (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah Radliyallahu 'anhu, bahwa seseorang berkata kepada Nabi shalallahu alaihi wasallam "berwasiatlah kepadaku". Beliau bersabda "jangan menjadi seorang pemarah. Kemudian diulang-ulang beberapa kali. Dan beliau bersabda "janganlah menjadi orang pemarah" (HR. Bukhari)

Dahulu ada seorang lelaki yang datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengatakan, "Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepada saya sebuah ilmu yang bisa mendekatkan saya ke surga dan menjauhkan dari neraka." Maka beliau  bersabda, "Jangan tumpahkan kemarahanmu. Niscaya surga akan kau dapatkan."(HR. Thabrani)


Allah berfirman
dan bersegeralah kepada ampunan Tuhanmu dan surga  seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang-orang  menginfaqkan rizkinya baik dalam kemudahan maupun kesusahan, yang menahan marahnya, dan memaafkan kepada manusia. Dan Allah menyukai orang yang berbuat baik dan orang-orang yang apabila berbuat kekejian atau zalim kepada diri sendiri, maka ia segera ingat kepada Allah, dan beristighfar kepada Allah atas dosa-dosanya. Dan siapakah yang lebih mengampuni dosa selain Allah ? Kemudian dia tidak meneruskan perbuatannya, meskipun dia mengetahuinya (QS. Ali Imran : 133-135)

Jadi Nabi bukan hanya melarang hal ini (meluapkan amarah), namun dengan suatu akibat buruk yang dapat di cegah dengan kesabaran - Amazing, ini sebab Islam mengajarkan supaya tidak meluapkan amarah 
Penulis : Ratnawatiutami



Sumber : diambil dari tulisan Ratnawatiutami 

Menakjubkan Islam mengajarkan Ikhlas

Posted: 03 Dec 2014 05:19 AM PST



Leadership Indonesia | Rekan, kali ini mengenai Tulus dan Ikhlas, dimana dapat di dipergunakan dalam banyak hal dan sangat bermanfaat, hubungan pribadi, bisnis, foto diatas menggambarkan apa yang dimaksudkan. 


Kata ikhlas sebegitu mudahnya diucapkan. Misalnya ada seorang laki-laki memberi perhiasan mahal pada seorang wanita yang ditaksirnya lalu mengatakan "aku ikhlas memberikan perhiasan ini padamu" tapi saat wanita ini menolak cintanya dia meminta dikembalikan perhiasannya berarti belum ikhlas benar. Atau seorang wanita yang berbaju seksi mengatakan pada kekasihnya "aku memakai baju seksi ini ikhlas lho", namanya bukan ikhlas karena memakai baju seksi bukan ajaran Islam yang benar.



Ikhlas (Ø¥ِØ®ْلاص) berarti berarti, murni, bersih, jernih, tanpa campuran. Ikhlas bisa diartikan memurnikan tujuan amal hanya pada Allah, tanpa berharap imbalan dari orang lain dalam bentuk apapun termasuk pujian, serta tidak ada keinginan menarik kembali yang telah dilakukan. Di dalam ajaran Islam, ikhlas adalah salah satu syarat untuk mendapatkan pahala dari Allah. Tentunya ikhlas dalam melakukan ibadah dan perbuatan sesuai ajaran Islam yang benar.

Apabila manusia sudah berusaha ikhlas, (banyak yang ragu belum tahu sudah ikhlas atau belum, paling tidak berusahalah) maka Insya Allah hidupnya akan dimudahkan oleh Allah. Dimudahkan tidak selalu mempunyai uang banyak, tapi merasa kecukupan dengan hal yang dimilikinya dan hatinya tenang. Dan Allah akan memberi rejeki dan ketenangan pada siapapun yang Allah kehendaki, salah satunya pada yang selalu berusaha untuk ikhlas dalam mengerjakan perbuatan baik, beribadah dan menyedekahkan sebagian hartanya pada yang membutuhkan.

Orang yang beriman pasti akan berusaha selalu ikhlas dalam seluruh perbuatannya. Semoga kita termasuk golongan orang beriman yang ikhlas dalam melaksanakan shalat dan melaksanakan sedekah…

Allah berfirman
Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (QS. Al An'am : 162)



Allah berfirman
Kecuali orang-orang yang taubat dan mengadakan perbaikan dan berpegang teguh pada (agama) Allah dan tulus ikhlas (mengerjakan) agama mereka karena Allah. Maka mereka itu adalah bersama-sama orang yang beriman dan kelak Allah akan memberikan kepada orang-orang yang beriman pahala yang besar.(QS. An-Nisaa : 146)

Allah berfirman
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus. (QS. Al Bayyinah : 5)

Allah berfirman
Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana, (QS. Al Fath : 4)

Allah berfirman
Allah meluaskan rezeki dan menyempitkannya bagi siapa yang Dia kehendaki. Mereka bergembira dengan kehidupan di dunia, padahal kehidupan dunia itu (dibanding dengan) kehidupan akhirat, hanyalah kesenangan (yang sedikit). (QS. Ar Ra'du : 26)

Pada akhirnya ikhlas dan ketulusan adalah suatu kunci untuk menjalani hidup yang bahagia.  



sumber http://ratnawatiutami.wordpress.com/2011/11/07/islam-mengajarkan-untuk-ikhlas/

Tingkatkan Keamanan, 480.333 Personil Polri ingin hadir di setiap desa

Posted: 03 Dec 2014 01:06 AM PST


Leadership Indonesia | Ingin semakin meningkatkan keamanan di wilayah NKRI, Polri ingin hadir disetiap desa. Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Sutarman mengemukakan, Polri kini memiliki 480.333 personil di seluruh tanah air untuk melaksanakan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, melindungi dan mengayomi masyarakat dalam rangka keamanan dalam negeri.

Ke-480 33 personil itu tersebar di 31 Polda, 451 Polres, 4.773 Polsek, dan 739 Polsubsektor, dan Babinkamtibmas sebanyak 69.957 dari 79.479 desa. Jumah tersebut belum bisa menjangkau seluruh desa di tanah air.

 polri

"Kami harapkan ke depan, pembangunan kekuatan Polri bisa menjangkau seluruh desa dan kelurahan diisi oleh Babinkamtibmas yang bekerjasama dengan lurah dan kepala desa untuk bersama-sama pembinaan masyarakat dalam rangka membangun daerah desanya," kata Sutarman saat menyampaikan laporan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kegiatan Apel Kasatwil Tahun 2014 di Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang, Selasa (2/12).

Adapun mengenai kemampuan, Kapolri menyebutkan, Polri memiliki 11 unit pesawat, 690 unit kapal laut besar, 400 unit speed boat, 1.754 unit kendaraan bermotor roda dua, 22.124 unit kendaraan roda empat , 4.186 unit kendaraan roda enam, 248 unit apache pengangkut personil lapis baja, dan 231 unit water canon.

"Kesemuanya kita gunakan untuk pengendalian massa," papar Kapolri.

Sedangkan mengenai kemampuan pendidikan, Kapolri mengatakan, ada 28 Sekolah Polisi Negara (SPN) yang mendidik brigadir. "Tahun ini kami mendidik brigadir polisi 20 ribu," papar Kapolri.

Menurut Jendral Sutarman, Polri siap untuk mendukung seluruh kebijakan pemerintah bahkan Menteri Keuangan karena salah satu anggaran terbesar adalah dari sektor pajak.

"Kekuatan kita siap untuk mendukung semuanya sehingga kita bisa memasukkan keuangan negara sebanyak-banyaknya. Sehingga anggaran negara ini bisa dimanfaatkan oleh K/L secara maksimal," papar Kapolri.

Apel Kasatwil itu diikuti oleh 451 Kapolres, 31 Kapolda, 24 pejabat dari Mabes Polri. Sementara Presiden Jokowi hadir dengan didampingi oleh Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, Menhan Ryarmirzad Ryacudu, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi, dan Wakil Menkeu Mardiasmo

Untuk meningkatkan keamanan NKRI Polri ingin hadir disetiap desa.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sumbang nelayan Rp 300 juta

Posted: 03 Dec 2014 12:47 AM PST



Leadership Indonesia | Pemerintahan Indonesia | Bisnis Nelayan | Setelah bertemu dengan para petinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di AKPOL, Semarang, Jateng, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunjungi Kampung Nelayan Tambaklorok, Kota Semarang, Selasa (2/12) sore. Dalam foto terlihat Presiden RI ke-7 Joko Widodo atau akrab dipanggil Jokowi memberikan bantuan kepada warga nelayan senilai Rp 300 juta kepada warga sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tambak Lorok, Kecamatan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. Santunan diberikan langsung oleh Jokowi kepada perwakilan RT 02/ RW 14 Tambak Lorok, Kota Semarang.


Seperti berita yang dikutip setkab, kehadiran Presiden Jokowi langsung menghebohkan warga perkampungan kawasan kumuh itu. Mereka mengerumuni dan nyaris tidak memberi kesempatan bagi Presiden untuk berbicara.

Dalam kesempatan itu, Presiden sempat berbicang dengan sejumlah warga dengan menggunakan bahasa Jawa.

"Dengarin dulu, saya tak ngomong. Ini saya berikan bantuan ke Pak RW nanti diberikan kepada warga yang membutuhkan terutama modal Rp300 juta, udah," kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan warga.

Jokowi meminta agar uang sumbangan yang diberikannya dibagi untuk jualan ikan, galangan ikan, untuk panggang ikan. "Uangnya juga bisa untuk "ngingu" (memelihara) pitik (ayam), dan lain-lain. Uang ini saya berikan ke Pak RW, nanti dipakai modal kerja semuanya," ucap Jokowi .

Setelah itu, Presiden Jokowi memanggil . Bambang Handoyono, Ketua RW 15 Dusun Tambakmulyo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, untuk menerima sumbangannya.

Setelah menyerahkan sumbangan, Presiden Jokowi berkeliling di sekitar tempat pelelangan ikan untuk melihat langsung hasil ikan. Jokowi juga menaiki jembatan yang hampir rapuh dari kayu diatas bantaran sungai Banjir Kanal Timur.

Di akhir kunjungannya, Presiden Jokowi secara simbolis memberikan sebuah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada warga miskin di tempat tersebut. Jokowi berpesan agar uangnya tidak diambil secara langsung.

"Diingat-ingat ya. Nanti ambilnya tanggal 6 di kantor pos," ujar Jokowi menutup dialog dengan warga.

Selepas dari Kampung Nelayan Tambaklorok, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Bandara Ahmad Yani, Semarang, untuk bertolak kembali ke Jakarta dengan pesawat komersial Garuda Indonesia.

Peran serta Presiden dalam mendukung usaha nelayan ini diharapkan dapat memberikan kinerja yang baik juga untuk semakin meningkatkan hasil nelayan di Semarang.



Previous
Next Post »