Cerita Berkebun

Cerita Berkebun


Inilah Manfaat Menakjubkan Jambu Biji

Posted: 23 Nov 2014 10:17 AM PST

 jambu biji

cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | Inilah Manfaat Menakjubkan Jambu Biji

Inilah Manfaat Menakjubkan Jambu Biji

Siapa yang tak kenal dengan Jambu Biji. Para peneliti bahkan mengajurkan bahwa Jambu Biji bisa meningkatkan trombosit dalam tubuh. Karena Jambu Biji sangat kaya Vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya Vitamin C. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, Jambu Biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.
 jambu biji

Berikut hasil riset penelitian Kandungan Gizi dalam buah Jambu Biji (/100gram)
Energi 49 kal
Protein 0,9 g
Lemak (0,3) g
Karbohidrat 12,2 g
Serat 5,6 gr
Kalsium 14 mg
Fosfor 28 mg
Zat Besi 1,1 mg
Vitamin A 25 IU
Vitamin B1 0,02 mg
Vitamin C 87 mg
Air 86 gr
Selain rasanya manis dan menyegarkan, ternyata buah jambu biji juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa khasiat dari jambu biji untuk kesehatan:



Menyembuhkan Infeksi
Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila dikonsumsi saat menderita radang tenggorok atau flu, akan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang mampu menghambat produksi nitrosamin, zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

Mengatasi Penyakit Jantung Koroner
Kadar kalium pada jambu biji membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam elagat, asam linoleat, asam korbigen, dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak, penyebab jantung koroner.

Mengatasi Diabetes
Serat pektinnya mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Jambu biji juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya, juga seratnya yang mengikat lemak.

Anti radang dan Antivirus
Vitamin C-nya berperan membentuk kolagen yang bermanfaat untuk penyembuhan luka. Senyawa flavonoidnya memiliki kemampuan sebagai antiradang, antialergi, dan antivirus.

Menurut penelitian, daun jambu klutuk dapat membantu menaikkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah. Sedangkan buahnya yang kerap dijus lalu diberikan pada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.


Inilah Manfaat Menakjubkan Tanaman Manis STEVIA

Posted: 23 Nov 2014 10:27 AM PST

 manfaat menakjubkan tanaman Stevia


cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | MANFAAT TANAMAN MANIS STEVIA



MANFAAT TANAMAN MANIS STEVIA


 tanaman stevia


Daun Stevia atau tanaman Stevia (sering juga disebut sugarleaf atau sweetleaf) adalah salah satu herba (keluarga dedaunan) yang paling dicari di Indonesia. Stevia adalah jenis herba yang memiliki kandungan zat pemanis alami yang bernama Stevioside. Zat pemanis alami/natural yang terkandung dalam tanaman Stevia ini mempunyai tingkat kemanisan mencapai 200 kali gula biasa, dan yang lebih hebatnya lagi, zero-calorie atau bebas kalori. Atas alasan inilah daun Stevia sering digunakan sebagai pemanis yang cocok bagi penderita diabetes.

 manfaat tanaman manis stevia

Daun ini mengandung senyawa alami yang disebut glikosida steviol manis. Tinggi kemurnian ekstrak stevia, bahan yang disetujui untuk makanan dan minuman digunakan di sebagian besar negara, mengandung 95% atau lebih glikosida steviol. Mayoritas penelitian terbaru tentang stevia menggunakan kemurnian tinggi stevia ekstrak.

Ekstrak yang dihasilkan dari daun stevia disebut glikosida steviol dan mereka adalah jenis gula yang sangat intens. Pada kenyataannya, mereka adalah 250 kali lebih manis dari gula dan stevia dapat digunakan dalam makanan atau minuman yang saat ini mengklaim gula sebagai salah satu bahan bakunya. Sebelum stevia menggantikan gula, bagaimanapun, diyakini akan menggantikan pemanis kimia seperti yang digunakan dalam cola diet dan minuman.


Sekarang, Stevia akhirnya sedang dipertimbangkan di seluruh dunia sebagai pengganti gula karena sangat manis. Suplemen diet stevia yang dijual di Amerika Serikat dan individu di negara-negara lain seperti Korea Selatan, Brasil, dan Jepang telah mengambil suplemen stevia selama bertahun-tahun.

Proses persetujuan stevia telah terbukti keamanan dan Profesor Midmore mengklaim setiap tes yang mungkin untuk keselamatan dilakukan dan stevia lulus masing-masing. Hal ini diyakini bahwa minuman rendah kalori akan menerima kontribusi penting dari CQUniversity karena penelitian mereka dalam stevia.
Sebuah studi menunjukkan bahwa gula manis minuman mungkin memiliki minimal 1700kJ energi dan minuman yang sama dipermanis dengan stevia hanya 7kJ. Hal ini diyakini bahwa stevia akan memainkan peran penting dalam memerangi obesitas dan diabetes tipe II.

Ratusan uji coba di berbagai negara telah menunjukkan stevia, kalori pemanis gratis, benar-benar aman untuk digunakan oleh pula. FSANZ disetujui stevia berdasarkan hasil penelitian tersebut selain fakta pemanis telah digunakan selama lebih dari 35 tahun oleh lebih dari 90 juta orang di Jepang dan pernah telah ada menjadi sisi negatif tunggal mempengaruhi dilaporkan atau bahkan dicurigai.

Selain itu, sebagaimana dibuktikan oleh Coke dan Pepsi ambisi, Profesor Midmore percaya produsen makanan dan minuman lain akan dengan senang hati menerima penggunaan stevia dalam produk mereka karena bersifat alami, aman, dan di atas semua, lebih murah daripada gula.

Untuk mulai dengan, stevia mungkin akan membuat jalan ke minuman di Australia termasuk susu, minuman ringan, jus, dan cordial. Hal ini juga direncanakan untuk digunakan dalam produk-produk lain untuk mengurangi kadar gula mereka termasuk sarapan sereal, es krim, biskuit, yogurt, dan sejenisnya.

Rasa stevia tidak sama dengan gula putih dan itu jauh berbeda. Bahkan, rasanya agak seperti licorice dan akan memakan waktu bagi konsumen untuk menerimanya.

Ini merupakan salah satu Peluang Usaha lho bagi Anda Hobi dengan menanam sebab saya yakin suatu saat pemanis stevia ini lebih populer daripada gula biasa selain banyak manfaat yang ada dalam kandungannya tentu perbandingan pemakaian gula untuk menghasilkan rasa manis jauh lebih sedikit dari pada gula biasa.



dari berbagai sumber

Cara Modern Menanam Pisang Ambon

Posted: 23 Nov 2014 09:42 AM PST


 pisang ambon
cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | Cara Modern Menanam Pisang Ambon





Cara Modern Menanam Pisang Ambon


Pisang ambon adalah buah yang punya nilai ekonomis tinggi, Pisang Ambon sering digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan . Ada beberapa varian pisang ambon yang populer antara lain pisang ambon kuning, pisang ambon lumut, dan pisang ambon putih. Pisang Ambon atau biasa dikenal dengan pisang hijau mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek, yang berguna untuk memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Pisang ambon juga baik untuk penderita diabetes, Sebab gula sederhana yang dikandung pisang ambon cukup mudah diserap tubuh. Bagi mereka yang sedang menjalani diet, pisang ambon juga bisa menjadi sumber karbohidrat harian Anda.


SYARAT TUMBUH:
a. Sebaiknya pisang ditanam di tanah berhumus dengan pemupukan.
b. Air harus selalu tersedia tetapi tidak menggenang.
c. Pisang tidak hidup pada tanah yang mengandung garam 0,07%.
Ketinggian Tempat
Dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2.000 m. Pisang ambon tumbuh baik sampai ketinggian 1.000 mdpl.

PEDOMAN TEKNIS BUDIDAYA

Pembibitan
- Perbanyakan dengan cara vegetatif berupa tunas (anakan).
- Tinggi anakan untuk bibit 1 – 1,5 m, lebar potongan umbi 15 – 20 cm.
- Anakan diambil dari pohon yang berbuah baik dan sehat.
- Bibit yang baik daun masih berbentuk seperti pedang, helai daun sempit.

Penyiapan Bibit
- Tanaman untuk bibit ditanam dgn jarak tanam 2×2 m
- Satu pohon induk dibiarkan memiliki tunas antara 7- 9.

Teknik Penanaman Pisang Ambon

1) Penentuan Pola Tanaman
Jarak tanam tanaman pisang cukup lebar sehingga pada tiga bulan pertama memungkinkan dipakai pola tanam tumpang sari/tanaman lorong di antara tanaman pisang. Tanaman tumpang sari/lorong dapat berupa sayur-sayuran atau tanaman pangan semusim. Di kebanyakan perkebunan pisang di wilayah Asia yang curah hujannya tinggi, pisang ditanam bersama-sama dengan tanaman perkebunan kopi, kakao, kelapa dan arecanuts. Di India Barat, pisang untuk ekspor ditanam secara permanen dengan kelapa.

2) Pembuatan Lubang Tanam
Ukuran lubang adalah 50 x 50 x 50 cm pada tanah berat dan 30 x 30 x 30 cm atau 40 x40 x 40 cm untuk tanah-tanah gembur. Jarak tanam 3 x 3 m untuk tanah sedang dan 3,3 x 3,3 m untuk tanah berat.

3) Penanaman
Penanaman dilakukan menjelang musim hujan. Sebelum tanam lubang diberi pupuk organik seperti pupuk kandang/kompos sebanyak 15-20 kg. Pemupukan organik sangat berpengaruh terhadap kualitas rasa buah.

Pemeliharaan Tanaman

1) Penjarangan
Untuk mendapatkan hasil yang baik, satu rumpun harus terdiri atas 3-4 batang. Pemotongan anak dilakukan sedemikian rupa sehingga dalam satu rumpun terdapat anakan yang masing-masing berbeda umur (fase pertumbuhan). Setelah 5 tahun rumpun dibongkar untuk diganti dengan tanaman yang baru.

2) Penyiangan
Rumput/gulma di sekitar pohon induk harus disiangi agar pertumbuhan anak dan juga induk baik. Penyiangan dilakukan bersamaan dengan penggemburan dan penimbunan dapuran oleh tanah agar perakaran dan tunas bertambah banyak. Perlu diperhatikan bahwa perakaran pisang hanya rata-rata 15 cm di bawah permukaan tanah, sehingga penyiangan jangan dilakukan terlalu dalam.

3) Perempalan
Daun-daun yang mulai mengering dipangkas agar kebersihan tanaman dan sanitasi lingkungan terjaga. Pembuangan daun-daun ini dilakukan setiap waktu.

4) Pemupukan
Pisang sangat memerlukan kalium dalam jumlah besar. Untuk satu hektar, pisang memerlukan 207 kg urea, 138 kg super fosfat, 608 kg KCl dan 200 kg batu kapur sebagai sumber kalsium. Pupuk N diberikan dua kali dalam satu tahun yang diletakkan di dalam larikan yang mengitari rumpun tanaman. Setelah itu larikan ditutup kembali dengan tanah. Pemupukan fosfat dan kalium dilaksanakan 6 bulan setelah tanam (dua kali dalam setahun).

5) Pengairan dan Penyiraman
Pisang akan tumbuh subur dan berproduksi dengan baik selama pengairannya terjaga. Tanaman diairi dengan cara disiram atau mengisi parit-parit/saluran air yang berada di antara barisan tanaman pisang.

6) Pemberian Mulsa
Tanah di sekitar rumpun pisang diberi mulsa berupa daun kering ataupun basah. Mulsa berguna untuk mengurangi penguapan air tanah dan menekan gulma, tetapi pemulsaan yang terus menerus menyebabkan perakaran menjadi dangkal sehingga pada waktu kemarau tanaman merana. Karena itu mulsa tidak boleh
dipasang terus menerus.

7) Pemeliharaan Buah
Jantung pisang yang telah berjarak 25 cm dari sisir buah terakhir harus dipotong agar pertumbuhan buah tidak terhambat. Setelah sisir pisang mengembang sempurna, tandan pisang dibungkus dengan kantung plastik bening. Kantung plastik polietilen dengan ketebalan 0,5 mm diberi lubang dengan diameter 1,25 cm. Jarak tiap lubang 7,5 cm. Ukuran kantung plastik adalah sedemikian rupa sehingga menutupi 15-45 cm di atas pangkal sisir teratas dan 25 cm di bawah ujung buah dari sisir terbawah. Untuk menjaga agar tanaman tidak rebah akibat beratnya tandan, batang tanaman disangga dengan bambu yang dibenamkan
sedalam 30 cm ke dalam tanah.

HAMA DAN PENYAKIT

Hama

1) Ulat daun (Erienota thrax.)
Bagian yang diserang adalah daun. Gejala: daun menggulung seperti selubung dan sobek hingga tulang daun. Pengendalian: dengan menggunakan insektisida yang cocok belum ada, dapat dicoba dengan insektisida Malathion.

2) Uret kumbang (Cosmopolites sordidus)
Bagian yang diserang adalah kelopak daun, batang. Gejala : lorong-lorong ke atas/bawah dalam kelopak daun, batang pisang penuh lorong. Pengendalian : sanitasi rumpun pisang, bersihkan rumpun dari sisa batang pisang, gunakan bibit yang telah disucihamakan.

3) Nematoda (Rotulenchus similis, Radopholus similis).
Bagian yang diserang adalah akar. Gejala : tanaman kelihatan merana, terbentuk rongga atau bintik kecil di dalam akar, akar bengkak. Pengendalian: gunakan bibit yang telah disucihamakan, tingkatkan humus tanah dan gunakan lahan dengan kadar lempung kecil.

4) Ulat bunga dan buah (Nacoleila octasema.)
Bagian yang diserang adalah bunga dan buah. Gejala : pertumbuhan buah abnormal, kulit buah berkudis. Adanya ulat sedikitnya 70 ekor di tandan pisang. Pengendalian: dengan menggunakan insektisida.



sumber : http://tipspetani.blogspot.com/

Golla Raksasa yang Baik hati |cerita anak

Posted: 23 Nov 2014 09:26 AM PST


cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | Cerita Anak : Golla Raksasa yang Baik hati 




Hiduplah seorang raksasa di dalam sebuah goa yang gelap gulita. Raksasa itu terkenal dengan nama Golla si raksasa hijau. Dia hidup sendirian tanpa memiliki satu orang kawanpun. Untuk memenuhi kebutuhan dirinya, ia selalu mencari makanan di hutan yang dekat dengan goanya. Makanannya yang paling disukainya adalah buah-buahan cerryl. 

Sebenarnya hidup sendiri membuatnya sangat kesepian. Tak jauh dari goanya yang gelap, ada satu perkampungan yang dihuni oleh Suku Mantawi. Suku Mantawi satu famili dengan kelompok Orang-orang Darat. Oleh karena itu ingin sekali ia hidup bersama dengan mereka, merasakan jalinan keramaian dan kehangatan orang lain selain dirinya.

Tapi keinginannya tak mungkin bisa terwujud karena masyarakat Suku Mantawi benci sekali sama Golla si raksasa hijau, meskipun Golla tidak bertingkah jahat. Tiap kali ia mencoba mendekat orang-orang dari Suku Mantawi selalu mengusirnya dengan kejam dan menyakitinya.

"Pergi sana! Dasar raksasa hijau yang jelek! Jangan dekati kami," usir seorang lelaki sambil melempari sebuah batu. Yang diikuti oleh beberapa orang lagi dengan melakukan hal yang sama. Batu-batu itu membuat luka-luka di sekujur tubuh Golla. 

Lalu karena tak bisa menjelaskan apapun, ia pun pergi, karena hatinya sudah cukup bersedih mendapat perlakukan seperti itu. Ia pergi ke sungai yang beraliran air lumayan deras untuk membersihkan luka-lukanya. Ia membasuh luka-lukanya dengan air sungai, tetapi rasa sakit di hatinya melebihi rasa sakit dari luka-lukanya. 

Tiba-tiba terdengar suara jeritan minta tolong. Golla segera mendekati asal suara. Ketika sampai di bibir sungai ia menemukan seorang anak perempuan dari Suku Mantawi yang berteriak padanya karena seorang temannya tengah terseret arus sungai yang deras. 

"Hei, Golla tolonglah dia," kata seorang anak perempuan yang melihat kedatangan Golla. Tanpa menunggu permintaan tolong kedua kalinya, Golla langsung menyeburkan diri ke dalam sungai dan melawan derasnya arus sungai. Bagi Golla sungai ini tidak ada apa-apanya sehingga sangat mudah bagi Golla untuk menyelamatkan si bocah yang terseret arus. Setelah mendapatkan si bocah yang malang ia membawanya ke tepian sungai. Sesaat kemudian anak itu tersadar dan teman-temannya pun bersorak gembira.

"Hei, ada apa ini?" kata Nazou, Kepala Suku Mentawi yang baru saja datang ke lokasi bersama seorang anak yang memanggilnya.

Kemudian si anak perempuan itu menjelaskan rangkaian cerita dari awal sampai akhir saat Golla berhasil menyelamatkan nyawa si bocah. Setelah mengerti dengan pokok permasalahan Nazou mengucapkan terima kasih banyak kepada Golla. 

"Terima kasih atas pertolonganmu Golla," kata Nazou, "sekarang apa yang bisa kulakukan untuk membalas budi baikmu."

Golla segera menjawab tanpa bimbang, "bolehkah aku tinggal di Kampung Mantawi?"

Nazou pun berpikir sejenak. Lalu berkata, "perkara ini tidak bisa kuputuskan sendiri. Tapi aku akan mencoba mengusahakannya." Mereka semua yang ada di pinggiran sungai segera kembali ke perkampungan Suku Mantawi, termasuk Golla. Tetapi Golla menunggu di luar batas pagar perkampungan. Ia cukup tahu diri untuk ikut masuk, tetapi Nazou memaksanya masuk. Dan akhirnya Golla pun bersedia masuk. 

Kemudian Nazou mengadakan rapat besar dengan para pemuka Kampung Mantawi lainnya, yang membahas mengenai permintaan Golla tadi. Golla menungguinya dengan sabar di luar. Setelah menunggu selama beberapa jam, akhirnya Nazou pun keluar.

"Bagaimana kepala suku?" Tanya Golla penuh harap.

Nazou menggeleng-gelengkan kepala dengan lemah. Golla pun sudah bisa menebak maksud kepala suku dan hatinya kembali sedih. Ia kemudian berbalik dan hendak meninggalkan harapannya untuk bisa mempunyai teman.

"Tapi…" Nazou melanjutkan, "kau boleh datang ke sini seminggu dua kali dan membantu kami melakukan beberapa pekerjaan. Itupun jika kau bersedia."

Golla pun menengokkan kepalanya lagi dengan gembira, "benarkah?"

"Ya…" Nazou mengangguk-angguk, "hari sabtu dan minggu, kau bisa berkunjung ke tempat ini."

"Baiklah. Terima kasih Nazou," ia berujar dengan kegembiraan yang tak terkira. Golla pulang dengan hati yang sangat gembira. Walaupun hanya bisa datang dua kali seminggu, ia cukup bahagia karena dia akan punya teman-teman yang baik

Cerita Anak : Si Buaya Tua

Posted: 23 Nov 2014 06:36 AM PST

 cerita cerita anak
cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | Cerita Anak : Sibuaya tua 



Cerita Anak : Si Buaya Tua

Pada suatu pagi seekor kijang muda yang ketinggalan rombongan kawan-kawannya berjalan sendirian di hutan. Kijang muda itu bingung karena untuk bisa bertemu dengan kawan-kawannya, ia harus menyeberang sebuah sungai. Padahal sungai yang akan diseberanginya itu ada seekor buaya tua pemakan kijang-kijang muda.

Namun karena Kijang muda itu terlalu lama berjalan-jalan, maka ia pun kehausan. Mau tak mau ia harus minum air dari sungai yang ada buaya tuanya. Dengan langkah hati-hati, Kijang muda itu mendekati sungai, kemudian meminum airnya dengan cepat. Ia tak mau dimakan oleh Buaya tua. Diperhatikannya keadaan di sekitarnya dengan sangat seksama. Tetapi terlambat, sang Buaya tua yang ada di hidup di sana telah menunggu tanpa disadarinya. Dan hap...Buaya tua pun menggigit kaki Kijang muda. Tak mampu Kijang muda melepaskan diri dari gigitan sang Buaya tua, ia pun meronta-ronta dan berteriak-teriak.

"Tolong! Tolong!" Tapi tentu saja tak ada yang datang menolongnya, karena tidak ada siapapun di sekitar tempat itu.

Mengetahui hal ini, si Buaya tua itu hanya terbahak-bahak, "hahaha..tak ada yang bisa menolongmu ya? Kau takkan bisa lari dariku!"

Tapi ternyata kijang memiliki rencana lain, lalu ia mengatakan, "oh...tuan buaya yang baik, kiranya janganlah kau memakanku, sebab aku terlalu kecil untuk tubuh besarmu itu. Kau takkan kenyang karena memakanku."

"Lantas?"

"Jika kau melepaskanku dan membantu diriku menyeberang ke seberang sana, aku berjanji akan membawakan temanku yang besar sebagai ganti diriku yang kecil ini. Temanku itu jauh lebih besar daripada aku."

"Apa kau berniat membohongiku?"

"Tidak," jawab Kijang muda, "tentu saja tidak. Aku tak berani membohongimu. Apalah aku ini dibandingkan dengan kau. Sekali gigit matilah aku!"

Buaya tua yang tertarik dengan omongan Kijang muda, lalu melepaskan gigitannya. "Baiklah, kau kulepaskan, jika kau tidak kembali lagi, ingat aku akan memakanmu, apabila kau lewat sini lagi."

"Baik. Baik." Begitu tukas Kijang muda.

Setelah itu, Buaya tua menyuruh si Kijang muda naik di atas punggungnya. Ia akan membantu menyeberangkan kijang muda. Setelah Kijang muda turun dari punggung Buaya tua di seberang sungai, kembali ia mengingatkan tentang pesannya. Setelah mengangguk-angguk. Kijang muda berlalu dari hadapan Buaya tua.

Buaya tua menanti-nanti kedatangan Kijang muda dengan tidak sabar di pinggir sungai. Selang beberapa jam kemudian, Kijang muda datang lagi untuk menepati janjinya. Buaya tua pun senang melihat kedatangan Kijang muda, lalu segera berujar padanya, "kau membawakan apa yang kau janjikan?"

"Tentu saja. Aku takkan membohongimu!" Jawab Kijang muda dengan penuh mantap.

"Tunjukkan padaku."

"Baiklah," kata Kijang muda, "Mumba sudah tiba waktu bagimu untuk keluar."

Lalu sekonyong-konyong keluarlah seekor gajah bernama Mumba. Buaya tua keheranan melihat kedatangan Mumba. "Lho kenapa dia datang?" tanya Buaya ketakutan.

"Kan sudah kubilang, temanku itu jauh lebih besar daripada aku. Mumba si gajah ini kan lebih besar daripada aku, dia akan membuatmu kenyang."

Lalu Mumba ingin menginjak Buaya tua yang sedang ketakutan. "Apa kau berani memakanku?" tanya Mumba pada Buaya tua. Tanpa berpikir lebih panjang, Buaya tua mengambil langkah seribu alias lari tunggang langgang kembali ke sungai. Ia takut terinjak Mumba karena bisa gepeng. Kemudian Mumba dan Kijang muda pun tertawa-tawa melihat Buaya tua yang ketakutan itu. Lantas mereka pergi meninggalkan sungai. Kijang muda mengucapkan terimakasih, ketika mereka berpisah di perempatan jalan. "Terimakasih Mumba telah menolongku," kata Kijang muda sambil tersenyum, "Kini aku bisa kembali kepada kawananku. Sampai jumpa lagi Mumba."

"Sama-sama," jawab Mumba, "kau pun telah menolongku dengan mengambilkan duri di bawah kaki ini. Sampai jumpa lagi teman."

Lagi-lagi Buaya Tertipu. Nampaknya ia hidup untuk selalu tertipu...

Cerita Anak : Bangau si Kaki Panjang

Posted: 23 Nov 2014 05:40 AM PST


cerita berkebun, foto cara menanam, download tehnik penanaman,  kebun di rumah, cerita cerita anak, kumpulan cerita dongeng anak, tips cara berkebun, tanaman obat herbal,  cara perawatan tanaman, kebun bisnis | Cerita Anak : Bangau si Kaki Panjang



Cerita Anak : Bangau si Kaki Panjang


Jaman dahulu kala Bangau tidak mempunyai kaki yang panjang sekarang. Tetapi hanya memiliki kaki yang pendek sekali. Sehingga ketika ia berjalan, Bebek pasti menertawainya. Karena Bangau, yang suka sekali menaikkan dagunya setengah sentimeter (alias angkuh) itu, terlihat jelek sekali dengan kaki pendek. Apalagi lehernya panjang sekali, begitu sebut Bebek mengomentari fisik Bangau.

Hingga di suatu pagi Bangau berada di tepi sungai. Ia sedang kebingungan mencari akal untuk menangkap ikan-ikan. Padahal ikan-ikan besar berada di tengah-tengah sungai, sedang ikan-ikan kecil memang berada di pinggir sungai. Kebingungan ini dipicu oleh Bebek, yang pernah menantangnya adu cepat siapa yang bisa mendapatkan ikan besar paling banyak dialah yang terhebat. Bangau yang angkuh tidak mau kalah dari Bebek yang jahil. Beruntung Bebek dikaruniai kaki yang berselaput sehingga dia bisa berenang kesana kemari dengan leluasa. Sedangkan Bangau hanya kaki pendek yang tak berselaput, jadi dia tak mungkin kemana-mana selain hanya ada di pinggir sungai saja menangkap ikan-ikan kecil. 

Alhasil bebek tertawa-tawa saja melihat tingkah Bangau itu. Itu begitu sibuknya berenang ke sana ke mari meledek Bangau. Hampir saja Bangau kalah dalam pertandingan melawan Bebek. Tapi tiba-tiba seorang peri baik hati datang menghampiri Bangau. Bangau pun terkejut melihat kedatangan peri cantik itu. Tapi peri cantik itu berkata, "jangan takut, aku takkan melukaimu, justru aku ingin membantumu."

Bangau pun urung menjadi takut lagi. Ia tahu peri itu memiliki hati yang baik, maka ia menceritakan apa yang sedang dialaminya. "Iya karena mulut besarku, aku selalu berada di dalam masalah."

"Baiklah Bangau manis, kali ini aku akan membantumu," ujar Peri cantik sambil tersenyum. Bangau senang mendengarnya. Tapi ia bingung apa yang akan dibantu oleh Peri cantik, maka ia pun bertanya, "Peri cantik, apa yang akan kau bantu kepadaku?"

"Hmm, kau tidak bisa berenang kan? Baiklah, aku akan mengubah kedua kakimu menjadi tinggi, supaya bisa seimbang dengan keadaan tubuhmu. Kau akan terlihat cantik dan anggun."

"Benarkah?"

"Tentu saja." Sekejap kemudian ibu peri mengayunkan tongkat magicnya. Seketika itu pula kedua kaki Bangau memanjang. "Dengan kakimu yang sekarang, kau akan bisa berjalan ke tengah-tengah sungai tanpa berenang sekalipun."

"Oh, terima kasih banyak ibu peri." Lalu ibu peri segera menghilang. Bangau pun segera mencoba kedua kaki barunya. Ia langsung berjalan ke tengah sungai, di mana Bebek tengah asik berenang dan memakan ikan-ikan besar. 

Bebek bingung melihat kedatangan Bangau yang tiba-tiba. "Hei, bagaimana kau bisa kemari?" tanya Bebek.

"Dengan ini." Jawab Bangau sambil menunjuk ke arah kedua kakinya, "mulai sekarang ayo kita balapan makan ikan sebanyak-banyaknya."

Balapan makan ikan itu dimenangkan oleh Bangau. Terbukti Bangau lebih hebat daripada Bebek. Sejak hari itu, Bebek tak berani lagi pada Bangau. Bangau pun jadi menghormati Bebek. 

Akhirnya si angkuh Bangau ikut-ikutan juga gayanya si Bebek.
Previous
Next Post »