Leadershipstreet Indonesia

Leadershipstreet Indonesia


AYO IKUTI Kompasiana - Unilever Blog Competition Hadiah Puluhan Juta rupiah [24 Nov - 24 Des 2014] Daftar Gratis

Posted: 08 Dec 2014 09:10 AM PST


Cara Bisnis Leadership Indonesia | Foto Kompasiana | Lomba Menulis | Kompas | Lomba Menulis Kompasiana - Unilever Indonesia Sehat Hadiah Puluhan Juta kali ini diselenggarakan oleh Kompasiana dengan masa pendaftaran / lomba berlangsung pada 24 November s/d 24 Desember 2014.  Bila rekan-rekan biasa dengan cara-cara penulisan yang kreatif, lomba ini memberikan peluang besar kepada setiap orang maupun kelompok/komunitas Indonesia. Bila rekan tertarik silakan melanjutkan membaca informasi lomba ini dan dapat mengunjungi sumber berita ini pada bagian akhir post ini.  Goodluck!


Kebiasaan hidup sehat dimulai dari rumah, dari lingkungan terkecil yakni keluarga. Setelah itu, beranjak di masyarakat, dalam komunitas warga hingga ruang lingkup lebih besar, bangsa dan negara. Kalau bicara fakta dan data tentang kesehatan dan sanitasi dengan berbagai tolak ukurnya, Indonesia termasuk negara yang berada dalam kondisi memprihatinkan.



Data RISKESDAS 2013 menyebutkan 47 persen masyarakat Indonesia yang memiliki perilaku cuci tangan dengan benar. Padahal, kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan tindakan yang mudah dan murah. Di Indonesia, sekitar 100.000 balita meninggal dunia karena diare. Penyakit diare merupakan pembunuh balita nomor dua setelah ISPA.



Terkait kesehatan mulut dan gigi, hampir 90 persen orang Indonesia memiliki masalah kesehatan ini (data 2008). Hampir 90 persen anak Indonesia berusia di bawah 12 tahun menderita caries dan kavitis (RISKESDAS, 2007). Soal sanitasi, sekitar 46 persen rumah tangga di Indonesia belum memiliki jamban. Kebersihan jamban publik di Indonesia pun berada di urutan ke 12 terburuk dari 18 negara di Asia (Association of Indonesia Toilet, 2011).


Satu lagi yang tak kalah penting adalah kondisi air minum kita. Dari survei yang dilakukan Unilever-Juli 2010 terhadap 300 air tanah di Jabodetabek & Bandung, 48 persen air tanah tersebut tercemar bakteri coliform.



Nah, bagaimana dengan kondisi kesehatan dan sanitasi di rumah Anda atau di lingkungan sekitar Anda? Unilever Indonesia mengajak Kompasianer untuk berbagi cerita, menuliskan pengalaman pribadi di keluarga mengenai kegiatan sehat yang dilakukan sehari-hari, bagaimana melakukannya dan apa alasannya. Cerita juga bisa berasal dari kebiasaan hidup sehat yang dilakukan oleh komunitas (lembaga pendidikan, masyarakat) sebagai suatu gerakan/program komunal dan non-profit.



Kegiatan ini merupakan bagian dari Kampanye Unilever: "Indonesia Sehat".  Lewat kampanye ini, Unilever mengintegrasikan program kesehatan, higienitas, dan program nutrisi untuk mendukung pelaksanaan Unilever Sustainable Living Plan (USLP). USLP adalah panduan global pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Unilever tak sekadar ingin melipatgandakan bisnis namun pada saat yang bersamaan mengurangi sampai setengahnya dampak terhadap lingkungan dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat. Kampanye Indonesia Sehat ditujukan untuk mendukung pencapaian target USLP; 1 miliar penduduk dunia yang meningkat taraf kesehatan dan kebersihannya. Kampanye Indonesia Sehat memiliki target nasional yaitu mencapai 100 juta masyarakat Indonesia yang mengadopsi gaya hidup bersih dan sehat pada 2020.


Syarat dan Ketentuan Lomba

Peserta terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silahkan Anda registrasi dahulu di sini.
Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat)
Tulisan tidak sedang dilombakan di tempat lain
Tulisan berupa reportase atau opini (BUKAN karya fiksi)
Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana
Dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan sesuai dengan aturan jeda tayang Kompasiana
Mekanisme Lomba

Tema Lomba: Gaya Hidup Sehat, dengan 4 subtema pilihan:

Cuci Tangan Pakai Sabun
Sikat Gigi Pagi dan Malam
Toilet yang Higienis
Penyediaan Air Minum Sehat


Kategori Lomba: 

Lomba terdiri atas dua kategori, yakni Personal dan Komunitas

Personal: tulisan berupa reportase yang menceritakan pengalaman di level individu atau keluarga tentang salah satu dari 4 subtema di atas. Tulisan menggambarkan aktivitas sehat peserta/keluarga, dengan penjelasan jenis kegiatan sehat yang dilakukan, alasan melakukan aktivitas tersebut, dan bagaimana aktivitas tersebut dapat mendukung pencapaian program "Untuk Indonesia Sehat"


Komunitas: tulisan berupa reportase aktivitas sehat di lingkungan komunitas (bisa lembaga pendidikan atau lembaga kemasyarakatan) terkait gerakan/program yang dijalankan secara komunal dan bersifat nonprofit. Tema gerakan/ program tersebut sesuai dengan salah satu dari 4 pilihan subtema di atas. Reportase juga harus memuat memuat informasi teknis bagaimana pemanfaatan dana stimulan dalam mendukung keberlangsungan gerakan/ program tersebut. Penulis nantinya akan memberikan laporan pelaksanaan gerakan/ program tersebut.


Peserta wajib melengkapi tulisan dengan dua foto karya pribadi.
Peserta dapat mengikuti lomba dengan memilih salah satu kategori atau dua kategori. Satu tulisan berlaku untuk satu kategori. Peserta berkesempatan memenangkan dua kategori sekaligus
Peserta wajib mencantumkan sumber atau referensi tulisan, foto, dan video jika mengutip tulisan orang lain dan menggunakan foto dan/atau video orang lain
Tulisan tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak mana pun
Tulisan belum pernah dipublikasikan di mana pun dan ditulis dalam bahasa Indonesia
Tulisan tidak bermuatan SARA dan tidak melanggar ketentuan Kompasiana lainnya
Peserta wajib mencantumkan tag: brightfuture dalam tiap tulisan
Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba
Peserta wajib like fan page Facebook Unilever Indonesia
Lomba akan berlangsung dari tanggal 24 November - 24 Desember 2014
Aspek penilaian terdiri atas orisinalitas tulisan, kreativitas pelaksanaan kegiatan, dan cakupan dampak sosial yang dihasilkan dari pelaksanaan kegiatan tersebut
Penilaian tulisan terbaik akan dilakukan oleh tim Unilever Indonesia. Kompetisi tidak berlaku bagi karyawan (beserta keluarganya) Unilever Indonesia, Kompasiana, Agency, dan pihak ketiga yang turut terlibat dalam lomba blog ini


Pengumuman pemenang akan diumumkan 2 minggu setelah periode lomba berakhir

Hadiah

Personal
Juara 1: GO PRO HERO 4-SILVER
Juara 2: CANON POWER SHOT D30
Juara 3: SAMSUNG WB350F


Komunitas

Tulisan terbaik akan mendapatkan dana stimulan sebesar Rp. 10,000,000 untuk direalisasikan dalam bentuk program yang ingin dijalankan yang sesuai dengan topik yang diangkat pemenang.
*Pajak hadiah ditanggung Pemenang. Kompetisi ini tidak dipungut biaya.

Mari ikut berkontribusi menuju Indonesia Sehat! Pilih mana, kisah hidup sehat dari keluarga atau komunitas? Boleh juga loh keduanya. Segera posting ceritamu!  

Good Luck

Tertarik untuk taking a part ? Silakan menuju Situs Kompasiana atau KLIK INI


Previous
Next Post »