Leadershipstreet Indonesia

Leadershipstreet Indonesia


Inilah 5 Perusahaan Terbesar di Dunia

Posted: 24 Dec 2014 08:46 PM PST



Menjadi perusahaan terbesar di dunia dalam sektor bisnis, energi, investasi dan perdagangan dan lainnya bukanlah perkara yang sederhana namun semua nya dimulai dari hal-hal yang sederhana, impian, bukan hanya dengan ukuran kapitalisasi saja, juga dapat diukur dengan jumlah tenaga kerja yang berperan aktif didalam kesuksesannya. Indonesia memiliki beberapa perusahaan terbesar, kali ini kita akan mengulas tentang nama-nama 5 perusahaan terbesar di dunia.
 5 perusahaan terbesar di dunia

Menurut rilis yang dikutip Carapedia, Perusahaan - perusahaan terbesar didunia datang dari berbagai macam jenis perusahaan. Biasanya penilaian besar tidaknya sebuah perusahaan dilihat dari jumlah omzet yang dimiliki, jumlah pendapatan yang bisa dihasilkan, sampai pada jumlah karyawan yang dimiliki. Walaupun harus diakui bahwa goncangnya keadaan ekonomi Amerika Serikat memberi dampak buruk pada perusahaan - perusahaan raksasa disana dan bahkan efeknya telah melanda sampai benua Eropa. Tidak sedikit perusahaan yang kolaps dan bangkrut walaupun sebelumnya perusahaan tersebut tercatat sebagai perusahaan yang memiliki cash flow serta kondisi keuangan yang sangat kuat.
Berikut ini adalah daftar perusahaan - perusahaan terbesar di dunia:
1. WAL-MART STORES

 wall mart perusahaan terbesar di dunia
Dalam beberapa tahun terakhir ini wal-Mart menduduki posisi teratas sebagai perusahaan terbesar di dunia versi Furtune - CNN. Walaupun pernah tersandung dengan masalah diskriminasi gender, namun dengan segera manajemen Wal-Mart memperbaiki opini masyarakat tersebut dan mengembalikan nama baik Wal-Mart seperti sedia kala. Toko yang memiliki lebih dari 2 juta orang karyawan ini sebenarnya selama 8 kwartal berturut - turut mengalami penurunan jumlah penjualan sebagai dampai krisis yang terjadi di Amerika. Namun ternyata hal tersebut tidak menggoyahkan posisi Wal-Mart sebagai perusahaan terbesar di dunia hingga saat ini.
2. ROYAL DUTCH SHELL
 5 perusahaan terbesar di dunia
Royal Dutch pada tahun 2010  memiliki pendapatan lebih dari USD 20,5 Milyar setahun dimana jumlah tersebut lebih besar 61% dari jumlah pendapatan pada tahun sebelumnya. Pada saat persaingan di bisnis minyak semakin ketat, Royal Dutch Shell ini berhasil mendapatkan energi alternatif yang diwujudkan dengan penandatanganan kerjasama dengan sebuah perusahaan biofuel di Brazil yang bernama COSAN. Cosan adalah sebuah perusahaan biofuel yang membuat etanol dengan bahan baku dasar tebu. Selain itu, Shell juga mengembangkan teknologi pertama di dunia yang mengolah gas alam cair sehingga semakin membuat perusahaan ini menjadi semakin terdepan dalam bisnis minyak. Apalagi didukung dengan proyek - proyek pengeboran minyak lepas pantai di teluk Meksiko dan Lepas pantai Brazil.
3. EXXON MOBIL
 5 perusahaan terbesar di dunia
Perusahaan yang memiliki lebih dari 100.000 karyawan ini pada tahun 2010 tercatat memiliki pendapatan yang jumlahnya naik sebanyak 57% dari tahun sebelumnya. Dengan jumlah pendapatan senilai USD 30,5 Milyar ini menempatkan Exxon Mobil sebagai perusahaan ke-3 terbesar di dunia. Saat ini Exxon memutuskan untuk menanamkan modalnya yang lebih besar pada bahan bakar alternatif terutama gas alam. Menurut Tillerson, CEO dari Exxon, bahwa gas alam akan menjadi sumber energi yang akan berkembang dengan cepat dan mengambil alih posisi batubara sebagai sumber energi terbesar kedua setelah minyak bumi.
4. BP GAS STATION
 5 perusahaan terbesar di dunia
BP merupakan stasiun gas terbesar di dunia. walaupun sempat tersandung masalah atas terjadinya tumpahan minyak di teluk Mexiko yang mengharuskan BP membayar klain sebesar lebih dari USD 30 Milyar serta permasalahan kesepakatan dengan perusahaan Rusia Rosnet yang dicederai juga membuat kondisi BP semakin terpuruk. Namun pada akhirnya BP berhasil membayar klaim tersebut serta dalam kedepan BP merencanakan beberapa anak bisnis baru dengan tetap mengembangkan bisnis minyak di Timur Tengah serta pasir minyak di Kanada sehingga BP mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan sebanyak 32 proyek baru sampai tahun 2016 nanti.
5. SINOPEC GROUP
 5 perusahaan terbesar di dunia
Perusahaan penghasil minyak terbesar di China ini telah memiliki lebih dari 600.000 orang karyawan yang tersebar dalam beberapa lini bisnis terus berkembang sehingga sulit untuk membedakan antara Sinopec yang juga dikenal sebagai China Petroleum & Chemical Corp dengan perusahaan multinasional yang lain yang juga bergerak di bidang minyak dan gas. Hal yang membuat Sinopec tumbuh dengan cepat adalah karena perusahaan ini bekerja dengan membentuk sistem kemitraan dengan perusahaan minyak nasional dan multinasional di seluruh dunia. Ini dilakukan karena kondisi di dalam negeri China yang sangat rentan dengan fluktuasi harga minyak dunia sebagai akibat dari tekanan dari pemerintah China yang melarang untuk menaikkan harga energi dalam negeri.

Pergerakan perusahaan terbesar di dunia ini bukan dengan impian yang kecil, namun dengan impian yang besar dan bersama dengan team yang berpikir besar, melakukan yang terbaik lebih dari perusahaan biasa adalah suatu tehnik penerapan dalam aktivitas bisnis dan ekspansi mereka.






KPK : Potensi Pendapatan Republik Indonesia dapat mencapai 15 Ribu Trilliun pertahun, potensi kerugian 12 Ribuan Trilliun /tahun

Posted: 24 Dec 2014 01:58 AM PST

Ketua KPK Abraham Samad menyatakan bahwa Pendapatan Indonesia dapat mencapai Rp. 15.000 Trilliun pertahun bila tidak ada korupsi di Indonesia. Luar biasa Angka yang sangat fantastis, dapat menjadi mengembangkan bisnis UKM, membangun infrastruktur kelas dunia, rakyat dapat sejahtera, namun selalu hilang menguap.Apa yang telah terjadi selama ini dengan kemiskinan anak bangsa? kita simak apa yang dimaksudkan oleh Bapak Abraham Samad, dan dari data pendapatan riil  Negara Indonesia pada saat ini itu kita dapat menghitung kerugian bangsa karena korupsi bukanlah angka yang kecil, tapi luar biasa besar, sekitar 12.000 Trilliun lebih. 



Dalam rilis situs infopublik.org menyampaikan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan potensi pendapatan RI bisa mencapai Rp15.000 triliun per tahun, terutama dari penerimaan royalti sektor energi. Namun penerimaan tersebut hanya sedikit yang masuk dalam kas negara akibat adanya korupsi maupun gratifikasi.

Ketua KPK Abraham Samad menjelaskan kecilnya penerimaan negara disebabkan karena adanya kebocoran sektor pajak, baik dari institusi maupun wajib pajaknya. Praktik korupsi penerimaan royalti energi ini dinilai masih marak terjadi di daerah yang kaya sumberdaya alam sehingga perlu segera diperbaiki.

"Sektor pajak masih terjadi kebocoran pajak. KPK menghitung pendapatan Indonesia, bisa mencapai Rp 15ribu triliun per tahun. Itu jika semua royalti energinya dibayar semua. Tapi semua royaltinya dikantongi oleh pejabat daerah. Ini yang harus diperbaiki supaya praktek ini tidak berlangsung," kata Abraham Samad dalam acara Diklatnas Lemhanas-HIPMI di kantor Lemhanas, Jakarta, Kamis (20/2).

Lebih lanjut Samad menjelaskan apabila penerimaan negara mencapai Rp15 ribu triliun per tahun, maka tiap penduduk akan bisa mendapat Rp20 jt per bulan. Dengan demkian maka dipastikan tidak ada lagi masyarakat miskin dan tidak memiliki hunian serta kondisi infrastruktur juga akan baik.

Namun Samad mengatakan pada kenyataannya masih sangat banyak penduduk miskin di Indonesia, yang pada 2013 menembus 29 juta orang atau 11 persen dari total penduduk. Jumlah tersebut dinilai setara dengan seluruh penduduk Malaysia.

"Ini memprihatinkan karena RI begitu kaya. Pengangguran juga sudah menembus 25 juta orang, utang luar negeri kita mencapai Rp 2.286 triliun, bayangkan bunganya," ujarnya.

Guna mengatasi korupsi, Dia menilai tidak cukup dari upaya pemerintah. Tapi juga membutuhkan bantuan semua pihak guna melakukan pencegahan.

Dalam hal ini para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI ini diharapkan bisa membantu KPK untuk aktif dalam upaya pencegahan korupsi dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya himbau pengusaha jangan berikan sesuatu ke PNS dan penyelenggara negara karena itu berbahaya," imbuhnya.

Ketua BPP HIPMI Raja Sapta Oktohari mengapresiasi dukungan KPK pada HIPMI dan upaya pemberantasan serta pencegahan korupsi. Data KPK juga menyadarkannya bahwa penerimaan negara menyusut karena adanya korupsi.

Dia juga mengaku cukup terkejut dengan data tersebut karena jumlahnya sangat besar. Namun dia menyatakan yang diperlukan HIPMI adalah kemudahan menjalankan usaha tanpa dibebani korupsi.

"Saya kira sikap HIPMI sama, yang pengen Indonesia bersih bukan cuma KPK. Kita cuma mau kerja enak aja, kalau sudah efektif efisien, nggak ada lagi yang korupsi. Korupsi akan ngurangin keuntungan kita," katanya.

Hasilnya iklim usaha dipastikan akan menjadi baik dan pengusaha pemula bisa berkembang, katanya.


Berikut disajikan data pendapatan Indonesia dari 2004 - 2015 dari Wikipedia



Dari data itu kita dapat menghitung kerugian bangsa karena korupsi bukanlah angka yang kecil, tapi luar biasa besar, sekitar 12.000 Trilliun lebih. 

Pernyataan Pendapatan Indonesia dapat mencapai Rp. 15.000 Trilliun pertahun dari ketua KPK Abraham Samad menjadi suatu pertanyaan, review dan peran serta dari seluruh bangsa, bahwa KPK tidak akan dapat bekerja sendirian tanpa di dukung oleh seluruh elemen bangsa. 





sumber :  http://www.infopublik.org/read/69109/potensi-penerimaan-negara-capai-rp15.000-triliun-per-tahun.html

Previous
Next Post »