Leadershipstreet Indonesia

Leadershipstreet Indonesia


Inilah Sebab Suku Bunga Kredit Mobil berubah

Posted: 17 Nov 2014 09:51 AM PST

 sebab suku bunga kredit mobi berubah

leadership-street.com | kredit mobil| car loan| - Setelah kita mengulas Cara Jitu Memilih Kredit Mobil maka kita juga mengulas faktor-faktor yang menyebabkan suku bunga kredit mobil sewaktu-waktu berubah. 


Faktor-faktor itu adalah sebagai berikut :

1. Suku bunga acuan atau BI Rate. Bank Indonesia (BI) biasanya mengubah suku bunga acuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ekonomi Indonesia dan ekonomi dunia. Perubahan suku bunga akan mempengaruhi suku bunga bank dan perusahaan pembiayaan, yang nantinya berdampak pada perubahan suku bunga kredit mobil.

2. Inflasi. Tingginya permintaan akan barang impor di dalam negeri akan mempengaruhi tingkat inflasi. Bila inflasi naik tajam akibat suatu persoalan, maka BI dapat menaikkan suku bunga acuan ini berdasarkan tingkat inflasi.


3. Kebijakan perusahaan jasa keuangan. Tiap perusahaan jasa keuangan memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga penetapan suku bunga juga akan berbeda. Perusahaan jasa keuangan menetapkan suku bunga kredit mobil berdasarkan selisih antara kredit dengan pendapatan dana, yang nantinya berdampak pada keuntungan perusahaan.

4. Kemampuan Pengaju Kredit. Perusahaan jasa keuangan akan mempertimbangkan kemampuan Anda membayar cicilan saat menetapkan tingkat suku bunga kredit mobil. Perusahaan jasa keuangan tidak akan mengenakan suku bunga terlalu tinggi karena nanti berdampak pada hilangnya nasabah yang beralih ke perusahaan jasa keuangan dengan suku bunga yang lebih rendah.

5. Pasar Indonesia. Suku bunga kredit mobil biasanya menyesuaikan dengan kondisi pasar di Indonesia. Anda akan mendapatkan suku bunga yang kompetitif ketika pasar Indonesia berjalan dengan baik dan ada pengawasan ketat dari pemerintah.

faktor-faktor yang menyebabkan suku bunga kredit mobil


Disadur kembali dari berbagai sumber 

Cara Jitu Memilih Kredit Mobil

Posted: 17 Nov 2014 09:36 AM PST


leadership-street.com |car insurance| kredit mobil | asuransi mobil| -  Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang bukan hanya sekedar menjadi gaya hidup, namun juga menjadi sebuah kebutuhan dalam beraktivitas. Mengingat harga mobil yang masih tergolong tinggi, maka banyak dari produsen mobil yang menawarkan pembelian dengan cara kredit. Pada tulisan kali ini kita akan mengulas Cara Jitu Memilih Kredit Mobil.


Tujuannya adalah agar tidak hanya segelintir orang mampu yang dapat menikmati kepemilikan dari kendaraan roda empat ini, tetapi juga membuka kesempatan bagi orang lain yang memiliki dana terbatas untuk dapat mengangsurnya secara bertahap dengan jangka waktu tertentu yang bisa disesuaikan dengan pendapatannya.

Pembelian mobil dengan cara kredit juga meringankan mereka yang membutuhkannya pada segmen bisnis atau komersial. Sehingga ia mendapatkan peluang untuk menikmati segala manfaat yang didapatkan dari mobil tersebut untuk mejalankan dan bahkan memperbesar usahanya dengan cara yang lebih terjangkau.

Namun maraknya penawaran kredit mobil dengan berbagai iming-iming yang menggoda, terkadang membingungkan. Dan kelengahan dalam memilihnya justru dapat membuat Anda terjebak dalam berbagai permasalahan finansial seperti hutang kredit yang juga mempengaruhi kestabilan kondisi keuangan keluarga Anda.

Untuk itu ada beberapa langkah penting yang layak dipertimbangkan dalam memilih kredit mobil terbaik, diantaranya adalah :

Pelajari dan Pahami Penyedia Sarana Kredit

Saat ini tersedia dua lembaga yang menyediakan saran kredit mobil.

Pertama adalah institusi perbangkan. Sektor perbangkan lebih berhati-hati dalam mengucurkan dana untuk kredit kepemilikan mobil bagi individu, Walaupun beberapa waktu belakangan ini beberapa bank mulai menawarkan kredit kepemilikan mobil bagi masyarakat individu.

Kedua adalah lembaga pembiayaan (Payment Agent). Lembaga pembiayaan biasanya terkait dengan perusahaan yang bergerak di industri otomotif, baik sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) atau dealer.

Pilih Mobil yang sesuai dengan Kebutuhan

Jangan terjebak dengan gaya hidup. Banyak orang yang memilih mobil bukan dari segi manfaat atau kebutuhannya akan mobil tersebut, namun lebih karena sekedar gengsi. Hal ini dapat membuat mobil pilihan Anda justru kehilangan manfaat dan membebani hidup Anda.

Berbagai macam mobil dibuat memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Pertimbangkanlah dengan matang kebutuhan Anda akan mobil tersebut dari berbagai aspek, seperti aktivitas yang Anda lakukan, kondisi medan yang dilalui, jumlah orang yang diangkut, dan lain sebagainya.

Cari Harga Mobil yang Paling Ideal

Jika Anda telah memutuskan jenis mobil yang inginkan (butuhkan), lakukan survey terhadap harga mobil tersebut hingga Anda memperoleh penawaran paling ideal.

Anda bisa dapatkan informasi harga dengan mengunjungi beberapa dealer yang menyediakan mobil pilihan Anda secara langsung. Atau Anda juga bisa melakukan survey melalui internet dengan mengunjungi beberapa situs yang memberikan informasi penting terkait harga mobil pilihan Anda.

Perhitungkan Uang Muka dan Besarnya Angsuran

Sebelum akad kredit Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa besarnya uang muka yang sanggup Anda bayar. Bagi leasing atau bank, uang muka menunjukkan keseriusan Anda mengambil kredit. Artinya jika Anda serius menyerahkan uang muka, Anda juga dinilai serius menyanggupi cicilan tiap bulannya.

Besarnya kesanggupan Anda untuk mengangsur tiap bulan dapat dihitung berdasarkan debt ratio Anda . Disarankan agar debt ratio Anda jangan melampaui 30 persen. Maka dari pendapatan bersih per bulan, maksimal 30 persen-nya dapat Anda sisihkan untuk digunakan sebagai angsuran kredit mobil tersebut.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan fasilitas Credit Simulation yang tesedia pada situs ACC untuk memperhitungkan pembiayaan kredit mobil pilihan Anda. 

Teliti Dalam Proses Pengajuan Kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya.

Ciri-ciri dalam hal ini adalah prosedur yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi/iklan dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam. Jadi, pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Menariknya, semakin sebuah perusahaan teliti dalam menyaring calon debiturnya, biasanya semakin baik hak-hak mereka akan dilindungi dalam perjanjian kredit. Jangan menjadi ragu hanya karena proses yang dilalui sepertinya panjang atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi banyak.

Jangan lupa untuk membaca semuanya dengan baik dan pahami apa yang disebutkan kepada Anda. Bertanyalah apabila ada yang tidak jelas.

Pilih Suku Bunga Terbaik

Ada beberapa hal yang wajib dipelajari mengenai suku bunga kredit yang ada di pasaran, baik dari sektor perbankan maupun lembaga pembiayaan.

Secara teknis ada 2 jenis suku bunga kredit, yaitu Suku bunga tetap (flat rate) dan Suku bunga mengambang (floating rate). Pilihlah suku bunga yang paling rendah, sehingga nantinya tidak membebani Anda dalam mengangsur.

Contoh umum kredit mobil bersuku bunga tetap; katakanlah 6,25% per tahun selama masa kredit 3 tahun. Ini berarti debitur harus membayar bunga sebesar 6,25% per tahun atas pokok pinjaman setelah dikurangi uang muka.

Suku bunga mengambang, utamanya relatif terhadap perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh bank sentral kita, Bank Indonesia. Bank-bank umum dan perusahaan-perusahaan pembiayaan kemudian akan menyesuaikan suku bunga mereka sendiri untuk menjaga profit margin tertentu, atau dalam istilah keuangan, spread-nya. Alhasil, suku bunga dari kredit mobil jenis ini dapat berfluktuasi. Sedikit ketidakpastian yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan.

Tentukan Asuransi yang Dibutuhkan

Pada saat Anda mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi yang menyertainya.

Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk dan Total Loss Only (TLO). Yang terakhir hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait pencurian dengan masa perlindungan sampai dengan 12 tahun. Sementara untuk All Risk, cakupannya lebih luas lagi. Kendaraan juga akan dilindungi dari resiko kecelakaan, huru-hara dan bencana alam. 



sumber : acc.co.id dan berbagai sumber



Gak mau Kejebak?, yo Pahami Surat Tilang Polisi

Posted: 17 Nov 2014 07:21 AM PST


leadership-street.com | Berita Indonesia - Gak mau Kejebak?, Pahami Surat Tilang Polisi Saat sedang berada di jalan, sering kali kita menemui para polantas yang melakukan razia di jalan baik untuk kendaraan maupun mobil. Baik itu razia gabungan atau razia dalam kasus tertentu, seperti balapan liar, kehilangan, hingga teroris. Tujuannya satu, agar para pengguna kendaraan bermotor lebih memahami lalu lintas, dan mentaatinya secara benar seperti dirilis situs lintas baru-baru ini


Dan memang sudah seharusnya rekan lakukan sebagai pengguna jalan yang baik, kita berlaku layaknya pengguna jalan yang memahami rambu lalu lintas, keamanan berkendara, dan sopan santun di jalan raya, seperti menghargai pejalan kaki dan menghargai trafic light.

Jangan lupa rekan, selain hal-hal tadi, kita sebagai pengendara juga harus melengkapi surat-surat kendaraan bermotor

Tak jarang, karena alpa atau lupa, kita juga sering kena tilang dengan hal-hal sepele, seperti tidak menyalakan lampu misalnya. Nah, peraturan yang telah terangkum dalam undang-undang no 22 tentang lalu lintas, juga sepatutnya kita hormati.

Dan, ada satu hal lagi yang harus rekan pahami tentang ini adalah memahami jenis surat tilang. Bagaimana cara memahaminya, dilihat dari warnanya aja sudah cukup.

Nah, berikut warna-warna surat tilang yang harus rekan pahami.




Surat tilang warna merah ditujukan kepada pelanggar yang tidak terima atau membantah atas kesalahan yang dituduhkan polantas. Kemudian pelanggar diberikan kesempatan untuk membela diri dipengadilan dengan minta keringanan kepada hakim.

Secara umum, tanggal sidang maksimum 14 Hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang tilang di Pengadilan Negeri ( PN) bersangkutan.



2. Biru


Surat tilang warna biru juga berlalu untuk pelanggar. Cuma bedanya, pelanggar mengakui dan menerima kesalahan yang dituduhkan. Hal ini berarti pelanggar tidak perlu pembelaan kepada hakim. Cukup meminta surat tilang ini, dan pelanggar bisa langsung membayar uang denda melalui transfer pada bank yang dituju.



3. Kuning 


Surat tilang warna kuning untuk pihak kepolisian sendiri dan diperuntukkan sebagai arsip.


4. Hijau


Surat tilang warna hijau diperuntukkan untuk arsip pengadilan. Surat ini juga berfungsi sebagai proses tindak lanjut pelanggaran tersebut sampai perkara selesai.


5. Putih


Nah, kalo surat tilang warna putih diperuntukkan untuk kejaksaan sebagai arsip. Untuk sebagai bukti apabila terjadi permasalahan di persidangan dan diperuntukkan sebagai catatan jaksa.


HINDARI CARA DAMAI


Namun perlu diingat rekan, komunikasilah dengan baik dengan pihak polantas, agar semuanya berjalan dengan baik. Dan jangan memberikan uang damai guna menjaga martabat kepolisian.



sumber : https://www.lintas.me/otomotif/other/editor/biar-nggak-kejebak-yuk-pahami-jenis-surat-tilang-polisi

Apa arti CREDIT CARD tambahan?

Posted: 17 Nov 2014 05:25 AM PST

 apa itu kartu kredit tambahan?

leadership-street.com |insurance credit card| kartu kredit Indonesia - Rekan leadership-street.com lanjutan dari Apa itu Kartu Kredit ? [klik] adalah ulasan tentang apa arti Kartu Kredit Tambahan?. Kartu Kredit tambahan pada mulanya adalah suatu produk tambahan bila seseorang telah memiliki kartu kredit dan menurut kebijakan perbankan layak untuk menerima tambahan fasilitas dari kartu utamanya. 


Situs kartu kredit  merilis bahwa Ketika kamu telah memiliki kartu kredit dari salah satu penerbit, kajmu berhak untuk mengajukan kartu kredit tambahan untuk anggota keluarga Anda. Dengan catatan, mereka sudah berusia minimal 17 sampai dengan 70 tahun. Biasanya, penerbit memberikan keleluasaan bagi kamusebagai pemilik kartu utama untuk menentukan limit kartu kredit pada masing-masing anggota.

Pengertian apa itu Kartu kredit tambahan.


sumber : kartu-kredit.org dan sumber lainnya


Apa arti 16 digit angka pada kartu kredit?

Posted: 17 Nov 2014 04:17 AM PST

 apa arti 16 digit angka dalam kartu kredit?

leadership-street.com | Asuransi dan Bank | Credit Card | Kartu Kredit |Insurance - Rekan leadership ulasan atas Apa itu Kartu Kredit ? [klik disini]  kita lanjutkan dengan 16 digit angka kartu kredit. Menurut fungsinya 16 digit tersebut sebagai angka dalam pengamanan sistem credit card perbankan. 



Dari 16 angka yang anda lihat di kartu kredit Visa atau MasterCard, 6 digit pertamanya merupakan "issuer identifier", yaitu kode jenis kartu kredit tersebut.

Jika 6 digit tersebut diawali dengan 4, berarti kartu kredit tersebut berjenis Visa.
Namun, jika 6 digit tersebut diawali dengan 5, berarti kartu kredit tersebut berjenis MasterCard.
Berikutnya, 1 digit terakhir dari 16 digit angka di kartu kredit tersebut berfungsi sebagai "check digit", yang fungsinya hanya untuk validasi pengecekan nomor kartu kredit tersebut.
Karena 6 digit awal dan 1 digit terakhir tersebut sudah memiliki arti, berarti tinggal tersisa 9 digit di tengah yang berfungsi sebagai "account number".
Oleh karena terdapat 10 kemungkinan angka (dari angka 0 sampai dengan 9) yang bisa dimasukkan ke tiap digit dari 9 digit "account number" tersebut, maka kombinasi yang dihasilkan dari 9 digit tersebut berjumlah 1 milyar kemungkinan nomor untuk masing-masing jenis kartu kredit (Visa atau MasterCard).
Adapun algoritma yang dipakai untuk menghasilkan deretan 16 angka untuk nomor kartu kredit tersebut dinamakan algoritma "Luhn" atau "Mod 10".

Demikian arti 16 digit angka dalam kartu kredit.

Semoga bermanfaat

Dari berbagai sumber 


Apa beda Visa vs MasterCard?

Posted: 17 Nov 2014 03:39 AM PST


 apa beda visa dan mastercard


leadership-street.com | Credit Card Insurance | Asuransi Kartu Kredit | Rekan-rekan, dalam pembahasan Apa itu Kartu Kredit [klik disini] kita mengenal pada umumnya dengan Visa dan Mastercard, mungkin pertanyaan kita adalah apa bedanya, maka secara umum dapat di fokuskan pada tiga hal, yaitu Penggunaan, Kemanan dan Hal lainnya. 


Dari sisi penggunaan dapat dikatakan, Visa pada awal peluncurannya lebih dulu diterima dibandingkan MasterCard.  Dua perusahaan ini sama-sama mengklaim memiliki 20 juta anak cabang yang berada lebih dari 150 negara. Visa mengklaim memiliki sekitar 1,6 triliun kartu dan pemegang kartu dengan akses ke ATM di seluruh dunia tercatat sebesar 1,2 juta. MasterCard sendiri menyatakan bahwa setiap tahunnya mereka melakukan 18 triliun pembayaran. Dari sisi Keamanan Visa menawarkan perlindungan lebih ketika Anda melakukan transaksi secara online, salah satunya dengan skema bernama Verified by Visa. MasterCard sendiri juga memiliki skema bernama Secure Code yang sama-sama melindungi pembeli online.

Semoga bermanfaat.


Dari berbagai sumber

Apa itu CVC Credit Card?

Posted: 17 Nov 2014 03:24 AM PST


 apa itu CVC
leadership-street.com | credit card insurance | Kali ini kita membahas lanjutan dari Apa itu Credit Card?   Pasti rekan leadership-street yang memiliki kartu kredit pernah melihat 3 digit angka paling belakang di bagian kolom tanda tangan pada kartu kredit? Itulah yang sering disebut sebagai CVC atau Card Verification Code. Ketika melakukan transaksi online, Anda tidak perlu memberikan nomor kartu kredit utama. Cukup dengan memberi tahu CVC atau Card Verification Code saja. Dengan begitu, nomor kartu kredit utama tetap terjaga kerahasiaannya sehingga dapat mencegah penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Pengertian lain CVC adalah  Card Verification Code yaitu tiga digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit, biasanya berada di tempat tanda tangan pada kartu kredit. Tidak ada perbedaan berarti antara CVC dan CVV (Card Verification Value). CVC Adalah sebutan yang dipakai Master Card Sedang CVV digunakan oleh Visa. Penggunaan fitur keamaan ini dimulai pada 1 Januari '97 Oleh Master Card dan diikuti oleh Visa pada tahun 2001. Namun baru pada bulan Oktober 2003, penggunaan CVV/CVC menjadi standar di seluruh pembayaran elektronik dan online.

Apa gunanya? CVC dan CVV membantu melindungi penggunaan kartu kredit Anda oleh orang lain dalam transaksi online. Dengan penggunaan CVV/CVC, Bank Penyedia kartu kredit  Anda menjadi lebih yakin bahwa kartu tersebut digunakan oleh pemilik sah.

Rekan leadership-street.com demikian pengertian CVC atau Card Verification Code



sumber : dari berbagai sumber

Apa itu Kartu Kredit?

Posted: 17 Nov 2014 03:11 AM PST

 Apa itu Kartu Kredit?

www.leadership-street.com - Credit Card|Kredit Asuransi| Bisnis Bank - Rekan leadership-street.com kali ini kita mengulas mengenai Apa yang dimaksud dengan Kartu Kredit /Credit Card, walau sudah beredar banyak pada saat ini namun banyak juga yang sebaiknya perlu mengetahui pengertian kartu Kredit biasa juga dipanggil Credit Card.  Bagi pebisnis maupun individu kartu kredit juga memberikan banyak manfaat yang sebagian gratis misalnya di lounge bandara tertentu dan di berbagai negara. 



 apa itu kartu kredit?

Kartu Kredit atau Credit Card adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kebanyakan kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, seperti yang dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Kartu Kredit atau Credit Card pada umumnya adalah merupakan produk perbankan untuk memudahkan transaksi non tunai . Beberapa hal yang menyangkut Apa itu CVC? [silakan KlikTulisan atau Klik Disini], Apa beda Visa dan MasterCard? [silakan KlikTulisan atau Klik Disini] , Apa arti 16 digit angka pada kartu kredit? [silakan KlikTulisan atau Klik Disini], Apa itu Kartu Kredit Tambahan [klik disini] , Apa saja faktor yang mempengaruhi limit kartu kredit? [silakan KlikTulisan atau Klik Disini] perlu kita ketahui untuk menambah pengetahuan dalam memahami produk perbankan.

Semoga bermanfaat




sumber : wikipedia dan dari berbagai sumber 



Inilah Sejarah Kartu Kredit dari masa ke masa

Posted: 17 Nov 2014 01:34 AM PST

 sejarah perkembangan kartu kredit

www.leadership-street.com | Kartu Kredit | Asuransi Keuangan | Untuk mendongkrak gengsi, sebagian orang acap kali berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Kali ini kita berbagi mengenai sejarah kartu kredit dari masa kemasa. 


Alat pembayaran yang digunakan oleh umat manusia terus berkembang, dari yang awalnya menggunakan sistem barter, pembayaran menggunakan uang hingga menggunakan cek. Cara pembayaran yang digunakan pun bermacam-macam, mulai dari membayar tunai dengan uang, bayar tunai dengan sistem debit, maupun membayar secara kredit. 

 sejarah perkembangan kartu kredit

Saat ini, sistem pembayaran secara kredit-lah yang paling banyak digunakan, dan salah satu media yang digunakan adalah menggunakan kartu kredit. Namun, yang tak banyak diketahui oleh orang-orang modern mengenai sejarah kartu kredit adalah bahwa pembayaran dengan sistem kredit sudah ada bahkan jauh sebelum masehi. Sejarah kartu kredit sendiri berawal dari sistem yang digunakan oleh bangsa Assyria, Babilonia, dan Mesir. Itu terjadi pada tahun 3000 SM. Di zaman modern, sejarah kartu kredit dimulai pada tahun 1946 oleh John Biggins, seorang bankir dari Flatbush National Bank of Brooklyn. Kartu yang diterbitkan oleh Flatbush National Bank of Brooklyn hanya khusus untuk para nasabahnya. Namun, dulu kartu yang digunakan bukan bernama kartu kredit, melainkan disebut dengan kartu "Charge it". seperti yang dirilis situs aturduit

Skema perkembangan sejarah kartu kredit dari masa kemasa adalah seperti gambar berikut :

 sejarah perkembangan kartu kredit


Demikian Sejarah Credit Card / Kartu Kredit masa ke masa 


Previous
Next Post »